Iklan

Kamis, 04 Agustus 2022, Agustus 04, 2022 WIB
Last Updated 2022-08-04T08:59:21Z

Edukasi Anak Usia Dini, Giat Go Green dilaksanakan di Bumdes

Teks Foto:Kegiatan Go Green Yang Melibatkan Anak Usia Dini

Jember- Peduli Rakyat news.-
 Pola pembiasaan pola hidup bersih dan sehat, pihak Desa Semboro mengelar giat Go green melibatkan anak usia dini se kecamatan Semboro.

Sebanyak 26 lembaga dibawah naungan Himpaudi,(Himpunan pendidikan anak usia dini) dengan jumlah ratusan anak usia 4-5 tahun dilibatkan dalam kegiatan edukasi pembiasaan pola hidup bersih dan sehat serta kesadaran mengelola sampah di Bumdes Amartha pada Kamis,(4/8/2022).

Kegiatan yang dikemas bersama edukasi tersebut pihak Desa bersama Himpaudi langsung mengarahkan anak didik pola hidup bersih seperti halnya cuci tangan dan juga pengenalan sampah dan juga memungut sampah di area kegiatan lalu di taruh didalam tempat sampah yang sudah disediakan dilokasi.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Himpaudi kecamatan Semboro Dwy Ambarwati spd mengungkap, jika kegiatan ini adalah dalam rangka pendidikan dini kepada anak anak untuk memberikan tanggung jawab dalam hal kebersihan.

" Alhamdulillah ini adalah yang pertama di desa Semboro dan di kecamatan Semboro dan mudah-mudahan ini bisa mengedukasi lembaga-lembaga lainnya yang lain juga desa-desa yang lain," kata ketua Himpaudi.

Tidak hanya itu saja, Dwy Ambarwati juga menyampaikan, jika kegiatan ini adalah cikal bakal mengimplementasi anak dalam hal pola hidup bersih.

"Kita Edukasi anak-anak mulai dari sejak dini nah kenapa kita harus membiasakan anak-anak untuk hidup secara sehat itu memang dimulai dari kita dan anak usia dini dan di situ nanti supaya anak-anak bisa terbiasa dengan polah hidup sehat," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Semboro Antoni dengan adanya kegiatan pola hidup sehat ini pihak desa juga memfasilitasi anak anak dan juga masyarakat Semboro yang ada di 3 dusun dengan jumlah total warga 10 ribu lebih dengan adanya Bank sampah yang berada di Bumdes desa dengan ukuran 3X10 meter.

"Kegiatan ini adalah edukasi anak usia dini dengan pola hidup sehat, selain pengenalan masalah sampah dan pengolahan dan juga ini adalah bentuk kampanye pola hidup bersih dan sehat," kata Antoni disela sela kegiatan Go Green.

Tidak hanya itu saja, ditanya lebih jauh akan di lanjutkan seperti apa program desa Semboro go green, kepala desa menjelaskan.

"Kami sudah siapkan 2 armada stanbay di Bumdes, dan sudah berkoordinasi dengan pihak RT dan RW nantinya masyarakat yang hendak membuang sampah tinggal kontak pihak desa dan mobil berkeliling mengambil dan lantas di taruh di bank sampah Bumdes dan setelah itu sampah di urai di pilih dan dipilah sampah mana yang  yang bisa dimanfaatkan untuk dijual dan lalu disetorkan di bank sampah induk untuk yang tidak bisa di manfaatkan," pungkasnya.

Perlu diketahui, jika edukasi pada anak ini tidak hanya pengenalan pola hidup sehat, akan tetapi juga edukasi kebersihan dan lalu lintas serta terkait pendidikan dan hal itu melibatkan institusi polri maupun pihak stakeholder lainnya.(Lum)