Iklan

Minggu, 24 Juli 2022, Juli 24, 2022 WIB
Last Updated 2022-07-24T11:34:25Z

Pulang Dari Acara Ansor, Anggota Pagar Nusa Jember Dilempar Batu Kelompok Silat Lain, Awalnya Hendak Rampas Sabuk Kebanggaan

Jember, Peduli Rakyat news.-
Bentrokan yang diduga melibatkan  antar perguruan silat kembali terjadi di Kabupaten Jember.Insiden di depan Kantor Desa Umbulsari Kecamatan Umbulsari , terjadi antara anggota perguruan silat Pagar Nusa dengan perguruan silat lainnya, pada Minggu dini hari (24/07/22), sekitar pukul 00.30 Wib. 

Menurut keterangan Ketua Pagar Nusa (PN) Cabang Jember Fathur Rozi, saat itu empat orang anggota (PN) baru saja pulang dari acara pagelaran seni Pagar Nusa di Kencong, dalam rangka pengukuhan PC Ansor Kencong.

Ketika sampai di depan kantor Desa Umbulsari, mereka dihadang oleh sepuluh orang diduga dari Perguruan lain.Bahkan mencoba merampas sabuk hijau yang dikenakan empat anggota PN tersebut. 

Karena jumlah tidak seimbang, anggota PN ini pun mencoba menghindari gerombolan pemuda tersebut dan mencoba kabur. Tetapi rupanya, mereka dikejar oleh sepuluh pesilat dari Perguruan lain. 

"Pas di pertigaan samping balai desa Umbulsari salah satu teman kita dilempar batu karena gak kena dikejar lalu ditarik dari motor setelah terjatuh d keroyok, " ujar Fathur Rozi. 

Menurutnya, dari insiden tersebut empat anggotanya  hanya  lecet bagian kepala, dan kaki. Sehingga tidak sampai dirawat di rumah sakit. 

"Cuma luka beset, kena aspal itu kan, pas jatuh waktu dikejar, dan dilempar pakek batu.Kata saksi di TKP yang menyampaikan kepada saya," tambahnya. 


Sebenarnya kejadian tersebut sudah dilaporkan oleh pihak kepolisian setempat. Hanya saja, kata dia, masih belum ditindak lanjuti. "Sebentar lagi mungkin akan diproses laporan resminya," terang Fathur Rozi. 

Empat anggota PN, tambahnya, sebelumnya ikut rombongan sekitar 70 anggota gabungan PN Umbulsari dan  Tanggul pulang dari Kencong awalnya. Namun ketika sampai di Desa Gunungsari  Kecamatan Umbulsari, mereka berpisah. 

"Yang dari Tanggul sepakat Mampir ke kediaman Sahabat Koptu Wisnu Gunanto TNI AD. karena misskomunikasi ada 4 orang terpisah dari rombongan.Kita masih d Gunungsari sedangkan 4 orang sudah melewati sampai ke umbulsari, " jelas Fathur Rozi. 

Sementara Kapolsek Umbulsari, Iptu M Luthfi SH, saat dikonfirmasi membenarkan adanya pertikaian dua kelompok silat tersebut.Namun hingga siang ini petugas belum menerima laporan resmi.


"Tadi ketua ranting (PN) ke sini dan saya suruh korban buat laporan ke kantor polisi.Agar jelas duduk persoalannya, mana yang benar dan mana yang salah, " kata Luthfi. (Tahrir)