Iklan

Jumat, 01 April 2022, April 01, 2022 WIB
Last Updated 2022-04-01T10:27:43Z

SEMARAK BUAH UNGGUL NASIONAL DESA GIRIHARJO

NGAWI,-Peduli rakyat news.-  Pemerintah Kabupaten Ngawi menggelar kontes durian dalam rangka Kontes Bibit Unggul Nasional farian jenis durian joker (perpaduan antara duren kanyou dengan duren petruk)di Agro Tehno Park (ATP)desa Ngrambe,Kecamatan Ngrambe,Kabupaten Ngawi,Selasa (15/3/2022)yang dihadiri oleh Kepala Desa Giriharjo Himawan Guntoro,Forkopimda,Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono,ST,Kepala Dinas Pertanian Supardi serta peserta kontes yang hadir.
Desa Giriharjo,Kecamatan Ngrambe-Ngawi berhasil memenangkan kontes buah unggul nasional dan kabupaten Ngawi yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Ngawi.
Kontes durian ini disambut antusias oleh para pesera atau petani durian yang berasal dari wilayah Kabupaten Ngawi.
"Kepala Desa Giriharjo Himawan Guntoro mengatakan kontes durian ini bertujuan untuk melestarikan varietas unggul buah durian lokal. Di samping itu juga untuk memotivasi petani agar menghasilkan durian yang berkualitas.“Kita harapkan dengan digelarnya kontes durian ini dapat mencari varietas lokal durian menjadi varietas unggulan.

Pihaknya berharap dengan adanya bibit unggul ini yang nantinya akan ditanam dan dikembangkan ditanam warga Giriharjo,hasil panen bisa dijual lewat BUMDES Girimakmur Desa Giriharjo serta mampu meningkatkan perekonomian warga dan menambah PADes Desa Giriharjo,imbuhnya".

Durian pemenang kontes ini dilihat dari kategori warna kuning, berdaging tebal, rasa manis, berbiji kecil dan tipis.
Selain durian montong,bawor,dan musang king,ada juga jenis buah yang dikonteskan yakni ada buah alpukat,manggis,pisang.(Adv / did )