Iklan

Sabtu, 16 April 2022, April 16, 2022 WIB
Last Updated 2022-04-16T15:22:48Z

Resmikan Gedung Baru KPN Satya Bakti, Wabup : Kinerja Harus Meningkat


Jembrana, Peduli Rakyat News - Bertepatan dengan hari suci Purnama Sasih Jiyestha, Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna yang kerap dipanggil Ipat meresmikan gedung baru Koprasi Pegawai Negeri (KPN) Satya Bakti, Sabtu (16/4). Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti serta  pemotongan pita.
Selanjutnya Wabup bersama jajaran meninjau gedung baru.

Dalam sambutannya, Wabup Ipat mengungkapkan rasa terima kasih kepada seluruh unsur yang terlibat dalam pembangunan gedung baru.Terwujudnya gedung baru ini katanya, berkat komitmen yang baik seluruh stake holder KPN Satya Bakti. Kepada seluruh jajaran pengurus. wabup meminta gedung baru akan berimbas peningkatan kinerja koperasi secara keseluruhan. 

"Diresmikannya gedung ini, kerja kita menjadi lebih semangat, efektif dan fokus. Tentunya sesuai dengan prinsip dan jati diri koperasi yaitu dari, oleh dan untuk anggota. Seluruh pengurus, pengawas dan anggota dapat lebih memanfaatkan keberadaan koprasi ini, sehingga lebih maju dan lebih baik dari sebelumnya,” kata Ipat.

Ipat mengucapkan terima kasih kepada pengurus, pengawas dan seluruh anggota KPN Satya Bakti yang telah dengan ikhlas memberikan dukungan sehingga gedung ini dapat berdiri.

"Membangun gedung baru bagi koperasi bukanlah hal yang gampang. Kalau tidak ada komitmen yang baik antara pengurus, pengawas dan anggota koprasi, sudah pasti pembangunan gedung baru ini tidak dapat terlaksana," ujarnya.

Menurutnya, tujuan dibentuk koperasi tiada lain untuk mensejahterakan anggotanya serta berkontribusi lebih bagi masyarakat. "Koperasi diharapkan mampu berkontribusi kepada masyarakat sekitar, serta berperan aktif menaikkan taraf hidup masyarakat," paparnya.

Sementara Ketua Panitia Pembangunan dan Pemelaspasan Gedung KPN Satya Bakti I Gusti Putu Anom Saputra dalam laporannya menerangkan bahwa Pembangunan Gedung ini menelan biaya Rp 1.071.931.000,- yang bersumber dari Dana Inventasi Bank BPD Bali. Anggaran itu untuk  pembangunan gedung dan tempat suci termasuk biaya pemelaspas. " Pembangunan gedung ini melalui tender yang dikerjakan mulai bulan Desember 2021 sampai dengan bulan April 2022," terangnya .

Anom menjelaskan, jumlah anggota KPN Satya Bakti sampai dengan akhir tahun 2021 sebanyak 797 orang yang terdiri dari Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pegawai kontrak di lingkungan Pemerintah Kabupaten Jembrana. KPN Satya Bakti juga memiliki 2 unit usaha yaitu usaha simpan pinjam dan usahan pertokoan. Pada unit pertokoan, KPN Satya Bakti siap bekerja sama dengan UMKM yang ada di Jembrana untuk memasarkan hasil-hasil produksi kepada anggota KPN Satya Bakti.

Anom yang juga menjabat Kadis Dikpora Jembrana ini menceritakan perjalanan KPN Satya Bakti yang beberapa kali pindah lokasi, dan hingga akhirnya untuk memutuskan membangun gedung sendiri. “Sejak Tahun berdiri di tahun 1969 Koprasi Satya Bakti belum mempunyai gedung sendiri, memanfaatkan gedung milik Pemerintah Kabupaten Jembrana dengan sistem sewa pakai. Dalam perjalanannya, koprasi ini beberapa kali pindah lokasi sehingga mengganggu perkembangan usaha koprasi," kata Anom.

Lebih lanjut, Ia menjelaskan keputusan pembangunan gedung baru berdasarkan   Rapat Akhir Tahun (RAT) Tahun 2019. Langkah itu diawali dengan  pengadaan tanah yang berlokasi di kelurahan Pendem.

"Selanjutnya berdasarkan hasil RAT Tahun 2020 disetujui melanjutkan pembangunan gedung yang akhirnya pada tahun 2022 ini baru bisa terwujud gedung kantor seperti sekarang ini," tandasnya. 

(Agus)