Iklan

Rabu, 16 Maret 2022, Maret 16, 2022 WIB
Last Updated 2022-03-16T11:25:27Z

Over Kapasitas, Empat WBP Dipindahkan Ke Lapas Singaraja


Jembrana, Peduli Rakyat News - Peningkatan pelaku kriminal yang tak kunjung surut berdampak pada  Over Kapasitas Rumah Tahanan, hingga berujung dilakukannya pemindahan empat orang narapidana ke Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Singaraja. Hal ini dilakukan berdasarkan Surat Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kementerian Hukum dan Ham Bali Nomor : W20.PK.01.01.02- 2019 tanggal 09 Maret 2009 perihal persetujuan pemindahan empat orang narapidana. 

Kepala Rutan Kelas IIB Negara, Bambang Hendra Setyawan menjelaskan, bahwa Pemindahan empat orang Narapidana ini dilaksanakan upaya mengurangi overkapasitas di Rutan Kelas IIB Negara serta guna memberikan pembinaan lebih lanjut di Lapas Kelas IIB Singaraja.

"Empat orang narapidana tersebut terdiri dari 3 orang pria dan satu orang wanita dengan kasus dua orang Narkotika, kesehatan dan pemalsuan surat. Pemindahan dilaksanakan dengan tujuan pembinaan lebih lanjut ke Lapas Kelas IIB Singaraja" pungkasnya.

Sebelum dipindahkan, empat orang napi di tes urin narkotika dan tes swab antigen oleh petugas kesehatan. Dari hasil pemeriksaan narkotika didapati negatif pada seluruh zat dan hasil tes rapid non reaktif pada ke empat WBP. Selain itu petugas registrasi juga telah mempersiapkan penginformasian terkait pemindahan kepada keluarga narapidana. 

Pengawalan dilaksanakan dengan bantuan anggota kepolisian resor Jembrana, petugas jaga dan serta petugas pelayanan tahanan/ perawat. Pemindahan berangkat pukul 06.30 Wita dan setelah tiba di Lapas Singaraja keempat WBP diserahkan kepada Lapas Kelas IIB Singaraja untuk melanjutkan pembinaan.

(Agus)