Iklan

Jumat, 04 Maret 2022, Maret 04, 2022 WIB
Last Updated 2022-03-04T13:39:03Z

Berkah Nyepi, Rutan Klas IIB Negara Berikan Remisi Puluhan Napi


Jembrana, Peduli Rakyat News - Bertepatan hari suci umat Hindu yang dirayakan setiap Tahun Baru Saka. Berkah Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1944 diterima 25 narapidana Rumah Tahanan (Rutan) Klas IIB Negara yang beragama Hindu mendapatkan Remisi Khusus (RK).

Sementara itu sebanyak Lima  orang menerima RK lima belas hari, delapan belas orang menerima 1 bulan dan satu orang mendapat remisi satu bulan lima belas hari, sedangkan satu orang sudah menjalani Asimilasi dirumah," ujar Kasubsi Pelayanan Tahanan I Nyoman Tulus dalam keterangannya, Jumat  (4/3/2022).

Nyoman Tulus menyebut, remisi khusus Nyepi sendiri diberikan oleh pemerintah melalui Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) kepada narapidana yang beragama Hindu pada Hari Raya Nyepi.

Menurutnya, Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Bali menyumbang narapidana penerima remisi khusus Nyepi terbanyak dengan jumlah 792 narapidana.

"Pemberian remisi khusus bukan sekadar bentuk kehadiran negara dalam memberikan penghargaan dan perhatian bagi narapidana, terutama di hari raya keagamaan. Lebih dari itu, pemberian remisi diharapkan memberikan motivasi bagi narapidana untuk menjadi lebih baik dan meningkatkan ketaatan kepada Tuhan Yang Maha Esa,” tambah Tulus.

Kapala Rutan Klas IIB Negara Bambang Hendra Setiawan  menegaskan, bahwa proses pemberian remisi dilakukan secara daring melalui Sistem Database Pemasyarakatan (SDP) dan tidak dipungut biaya. Layanan pemberian remisi secara daring telah dilakukan bahkan sejak sebelum pandemi Covid-19 terjadi.

“Sistem Database Pemasyarakatan mempermudah kami dalam melakukan pemeriksaan syarat administratif dan substantif yang tentunya telah dipenuhi narapidana penerima remisi. Selain itu baik narapidana maupun keluarganya dapat memantau langsung proses usulan remisi dengan memanfaatkan pemindai biometrik," pungkasnya.

(Agus)