Iklan

Rabu, 16 Februari 2022, Februari 16, 2022 WIB
Last Updated 2022-02-16T08:18:52Z

Ngopi Bersahaja, Kejari Jembrana Berikan Penerangan Hukum Bagi OPD


Jembrana, Peduli Rakyat News - Kejaksaan Negeri Jembrana memberikan Penerangan Hukum Bersama bagi OPD dan Kepala Desa/Perbekel dengan mengambil tema “Ngobrol Pintar Bersama Sahabat Jaksa (Ngopi Bersahaja)” dihalaman Kantor Kejaksaan Negeri Jembrana-Bali.

Sebelumnya, kegiatan dimulai dengan laporan kegiatan dari Kepala Seksi Perdata dan TUN selaku Plh Kasi Intel, bahwa giat dilaksanakan dalam fungsi Bidang Intelijen sebagai Penerangan Hukum dan fungsi Bidang Perdata dan TUN.

Kepala kejaksaan Negeri Jembrana Triono Rahyudi berharap, apa yang digelar dari Kejari di bagi tiga sesi, salah satunya dengan OPD dan sesi selanjutnya dengan kepala desa Se Kabupaten Jembrana, semoga  kegiatan ini bermanfaat bagi para peserta undangan yang pelaksanaannya dirinya memohon untuk tetap mentaati protokol kesehatan. 

"Dengan digelarnya kegiatan “Ngopi Bersahaja” nantinya para peserta yakni OPD dapat melaksanakan tugas pokok dan fungsi sebagaimana ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan apabila nantinya OPD membutuhkan pendampingan hukum (Legal Assistance) maka hal ini dapat ditindaklanjuti dengan terlebih dahulu melaksanakan MoU dengan koordinasi dengan Bidang DATUN" terang Kajari, Rabu (16/2) siang.

Sementara itu, penyampaian materi dari Inspektorat Kabupaten Jembrana yang memberikan apresiasi kegiatan dan mohon diadakan juga di waktu lain dan juga mengundang para OPD lain karena risiko pekerjaan yang besar, yakni mengawal dan melakukan audit dana besar di awal tahun. Oleh karena itu di Inspektorat sendiri juga membuka klinik pengawasan bagi para OPD di daerah untuk melakukan konsultasi mencari solusi dan antisipasi dalam resiko pekerjaan kaitannya dengan penggunaan anggaran yang besar dari awal tahun. Selanjutnya berharap sinsergi tetap terlaksana dengan baik.

Dalam pemberian materi, Kepala Kejaksaan Negeri Jembrana, menyampaikan penerangan hukum merupakan salah satu tugas pokok dan fungsi Kejaksaan di Bidang Intelijen sebagaimana telah diamanatkan dalan UU Kejaksaan, sehingga jika nantinya terdapat kendala dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi para OPD juga dapat memintakan Pendapat Hukum (Legal Opinion) kepada Jaksa Pengacara Negara di Kejaksaan Negeri Jembrana.

Kegiatan yang diisi dengan tanya jawab oleh Peserta uandangan pada intinya menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Kejaksaan Negeri Jembrana yang selama ini telah membuka pintu selebar-lebarnya bagi para OPD dan berharap ke depannya dapat dilakukan pendampingan dalam setiap kegiatan tugas pokok dan fungsi.

Ditambahkan Kajari, Bahwa kegiatan ini akan berlanjut pada sesi terakhir pada hari Jumat, yaitu dengan Melalui program pelayanan hukum keliling.

(Agus)