Iklan

Kamis, 17 Februari 2022, Februari 17, 2022 WIB
Last Updated 2022-02-17T02:06:47Z

Kejari Jembrana Gelar Ngopi Bersahaja, Berikan Penerangan Hukum Bagi Perbekel


Jembrana, Peduli Rakyat News - Ngobrol Pintar Bersama Sahabat Jaksa yang disingkat "Ngopi Bersahaja" tema inilah yang diambil Kejaksaan Negeri (Kejari) Jembrana Guna memberikan Penerangan Hukum bagi Kepala Desa/Perbekel Se-kabupaten Jembrana dihalaman Kantor Kejaksaan Negeri Jembrana-Bali.

Kegiatan ngopi bareng kades ini terbagi dua sesi, yaitu pagi dan sore hari. mengingat tingkat peningkatan penyebaran Covid-19 meningkat ke Level tiga, acara berlangsung dengan penerapan Protokol kesehatan.

Kepala Kejaksaan Negeri Jembrana, Triono Rahyudi menyampaikan tugas pokok dan fungsi dari Kejaksaan Republik Indonesia dengan instrument preventif, represif, maupun negative represif.
Program dari Tindak Pidana Umum ke depan akan membentuk Kampung R.J. (Restorative Justice), Sambutnya di depan Perbekel.

Kejaksaan Negeri Jembrana kali ini mengingatkan dan mengajak kerjasama untuk memberantas tindakan-tindakan terkait dengan Mafia Tanah serta Mafia Pelabuhan, dan Mafia Pupuk. Yang lebih mengedepankan tindakan pencegahan guna dapat lebih menekan angka terjadinya Tindak Pidana Korupsi.

"Upaya Kejaksaan Negeri Jembrana untuk lebih meningkatkan pelayanan hukum kepada masyarakat dengan cara telah dimulai dengan pembangunan serta menyiapkan aplikasi-aplikasi serta juga dengan pembangunan ASM (Anjungan Smart Mandiri)" jelas Kajari Saat dikonfirmasi awak media, Kamis (17/2/2022)

"Lebih mengedepankan koordinasi serta konsultasi dengan Aparat Penegak Hukum (APH) di wilayah hukum Kejaksaan Negeri Jembrana dan juga dengan Aparatur Pemerintah Kabupaten Jembrana" tambahnya.

Kejaksaan Negeri Jembrana sendiri di tahun 2021 telah menerima penghargaan WBK selanjutnya tahun 2022 akan berusaha untuk dapat meraih WBBM.

Lanjut, dengan penyampaian materi diskusi yang dimulai dengan Kasi Pidum Kejaksaan Negeri Jembrana dengan penyampaian rencana pembentukan Kampung Restorative Justice (RJ) sesuai dengan arahan dan petunjuk pimpinan dari Kejaksaan Agung R.I.

Pemberian materi diskusi berikutnya juga disampaikan Kasi Datun sekaligus sebagai PLH Kasi Intelijen, yang intinya Ke depannya sesuai dengan kegiatan Ngopi Bersahaja Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara lebih mengedepankan pendampingan terhadap pelaksanaan keuangan daerah/negara dengan sebelumnya dilaksanakan asesment, dalam artian tidak semua pelaksanaan pekerjaan dilakukan pendampingan.

(Agus)