Iklan

Senin, 21 Februari 2022, Februari 21, 2022 WIB
Last Updated 2022-02-21T12:07:00Z

Empat Kasus Penyalahgunaan Narkotika Berhasil Diungkap Polres Jembrana


Jembrana, Peduli Rakyat News - Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana, S.H., S.I.K., M.I.K. bersama Kasat Narkoba AKP I Komang Renta, S.H.  ungkap empat kasus penyalahgunaan narkotika dengan TKP yang berbeda, dalam Press Releasenya di Ruang Aula Mapolres Jembrana, Senin (21/2).

Kesempatan tersebut, Kapolres menjelaskan bahwa kesemuanya kasus ini berawal adanya informasi dari masyarakat yang memberitahukan pada pihaknya bahwa dibeberapa tempat tersebut sering terjadi peredaran/penyalahgunaan narkotika. Untuk itu jajaran Tim Opsnal Satresnarkoba yang dipimpin langsung oleh Kasat Narkoba AKP I Komang Renta, S.H. melakukan penyelidikan terhadap tersangka.

Berawal pada Sabtu (22/1/2022) di rumah tersangka berinisial KW alias P (42) di Lingkungan Delod Bale Agung,  Kelurahan Tegalcangkring, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana telah diamankan petugas karena saat digeledah didapati barang bukti tas berwarna hitam yang di dalamnya terdapat 8 (delapan) buah plastik berisi kristal bening yang diduga narkotika jenis sabu dengan berat 0,78 gram bruto atau 0,37 gram netto beserta bong dan potongan-potongan pipet.

Kemudian di hari yang sama, Sabtu (22/1/2022) bertempat di rumah tersangka yang berinisial PL alias A (54) di Lingkungan yang sama diamankan petugas karena saat digeledah di dalam almari plastiknya didapati 1 buah plastik klip berisi kristal bening yang diduga narkotika jeni sabu dengan berat 0,78 gram bruto atau 0,62 gram netto beserta bong (alat isap) dan pipa kaca.

Kemudian di hari Sabtu (5/2/2022) bertempat di perempatan traffic light Jl. Jendral Sudirman saat tersangka yang berinisial KP alias MA (51) sedang mengendarai motor dan berhenti, kemudian distop dan digeledah petugas dan didalam tas warna hitam yang KP alias MA bawa didapati 1 buah plastik klip berisi kristal bening yang diduga narkotika jenis sabu dengan berat 0,78 gram bruto atau 0,62 gram netto beserta bong dan potongan pipet plastik.

Berlanjut pada hari Sabtu (12/2/2022) tersangka yang berinisial AP alias P (29) asal Selemadeg Barat, Tabanan distop dan digeledah petugas saat hendak melintas di wilayah Banjar Pengeragoan Dangintukad, Desa Pengeragoan, Kecamatan Pekutatan, Kabupaten Jembrana, dan patugas mendapatkan barang bukti berupa 3 buah plastik klip berisi kristal bening yang diduga narkotika jenis sabu dengan berat 1,86 gram bruto atau 1,30 gram netto beserta alat isap bong dan korek api.

Kapolres Jembrana mengatakan keempat tersangka ini sebagai pemakai, dan sabu ini mereka dapatkan dengan cara membeli dari seseorang, yang nanti prosesnya akan kita dalami dan kita kembangkan lebih lanjut.

"Dengan kejadian ini, keempat tersangka ini dikenakan Pasal 114 ayat (1) atau 112 ayat (1) atau Pasal 127 ayat (1) huruf a UURI No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Ancaman hukuman pidanan penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 5 tahun dan paling lama 20 tahun, dan pidana denda paling sedikit Rp 1 miliar rupiah dan paling banyak Rp 10 milyar rupiah.

(Agus)