Iklan

Minggu, 30 Januari 2022, Januari 30, 2022 WIB
Last Updated 2022-01-30T08:57:22Z

Rahinan Tumpek Kandang, Kapolres Lepas Puluhan Burung dan Ribuan Benih Ikan


Jembrana, Peduli Rakyat News - Saat Tumpek Kandang, masyarakat umat Hindu di Bali umumnya membuat upacara untuk hewan, khususnya hewan ternak. Secara sederhana, perayaan Tumpek Kandang ini sebagai wujud syukur dan terima kasih kepada hewan yang selama ini telah memberikan penghidupan dan kemudahan dalam berbagai aktivitas manusia.

Tepat pada rahinan tumpek kandang, tampak Polres Jembrana menggelar kegiatan pelepasan burung tekukur dan dilanjutkan dengan pelepasan benih ikan mujair di aliran Sungai Ijo Gading belakang Mapolres Jembrana, Sabtu (29/1) kemarin.

Kegiatan yang dihadiri Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana, S.H., S.I.K., M.I.K., Waka Polres Jembrana Kompol Marzel Doni, S.I.K., M.H., Ketua Bayangkari Cabang Jembrana berserta anggota, dan para PJU Polres Jembrana beserta anggota.

Sebelumnya, Kapolres Jembrana bersama seluruh anggota melaksanakan persembahyangan bersama di Pura Pujastuti Polres Jembrana dalam rangka memperingati hari suci Tumpek Uye atau Tumpek Kandang.

Kapolres Jembrana mengatakan kegiatan ini kita laksanakan dalam rangka untuk menjaga keseimbangan ekosistem alam khususnya di wilayah Kabupaten Jembrana.

"Hari ini saya bersama anggota melepas Burung Tekukur sebanyak 75 ekor dan 2.500 benih Ikan Mujair. Diharapkan anggota Polres Jembrana ikut serta menjaga agar burung yang baru di lepas dapat bebas hidup di alam. Untuk pelepasan benih ikan mujair dilepas sepanjang aliran Sungai Ijo Gading," terang Pamen melati dua asal Gianyar itu.

(Agus)