Iklan

Senin, 01 November 2021, November 01, 2021 WIB
Last Updated 2021-11-01T12:59:22Z
Ngawi

Desa Setono Laksanakan Progam Padat Karya Tunai Desa (PKTD) Tahun 2021


Peduli Rakyat News | Ngawi,- Dengan melalui anggaran Dana Desa (DD)Pemerintah Desa Setono,Kecamatan Ngrambe,Kabupaten Ngawi,tepatnya dusun Soko melaksanakan pembangunan program padat karya tunai desa berfokus pada kegiatan pemeliharaan saluran,sehingga pembangunan di desa diharapkan dapat lebih cepat menyelesaikan persoalan di desa terutama yang terkait dengan kemiskinan, stanting,p engangguran.


Padat karya tunai merupakan program Pemerintah berupa kegiatan pemberdayaan masyarakat desa,khususnya yang miskin dan marginal,bersifat produktif yang mengutamakan sumber daya,tenaga kerja,dan teknologi lokal untuk menambah pendapatan,mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.


Berdasarkan pasal 4 Undang - Undang Nomor 6 Tahun 2004 tentang Desa,pengaturan desa bertujuan untuk memajukan perekonomian masyarakat,mengatasi kesenjangan pembangunan,mengentas kemiskinan,serta memperkuat masyarakat desa sebagai subyek pembangunan.




Ada beberapa hal yang menjadi sasaran program padat karya tunai desa adalah penganggaran kegiatan  yang bersifat padat karya,yang diwajibkan untuk didanai dengan Dana Desa dalam APBDes.


Pradana Dykdha Wahana selaku Kepala Desa Setono yang bekerja sama dengan perangkat desa,masyarakat setempat melaksanakan kegiatan Padat karya tunai desa (PKTD)dengan pemeliharaan saluran irigasi dengan maksud tujuan supaya tercipta kebersamaan dan rasa gotong royong masyarakat.(Adv / Dn ...)