n UPK EKS PNPM Kecamatan Candipuro Bagikan Bantuan Modal Usaha Untuk 40 KPM - Peduli Rakyat News

UPK EKS PNPM Kecamatan Candipuro Bagikan Bantuan Modal Usaha Untuk 40 KPM


Peduli Rakyat News | Lumajang,- Giat rutin UPK Eks PNPM Kecamatan Candipuro Bagikan Dana Sosial dalam bentuk sarana dan prasarana untuk anggota berjumlah 40 orang yang tersebar di 10 Desa, Jum,at (9/9/2021).


Supriadi selaku ketua pelaksana didampingi Gatot Purwanto menyampaikan untuk pembagian bantuan dana sosial untuk anggota  masing-masing masing dibantu Rp.2.000.000, dengan total  jadi total Rp. 80.000.000, untuk 40 anggota dan semua diwujudkan dalam bentuk barang sesuai dengan kebutuhan dan permintaan penerima bantuan.


Lebih jauh Supriadi mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan rutin tiap tahun yang dananya diambil dari surplus dana simpan pinjam pada UPK Candipuro yang mana Dana Sosial bantuan permodalan ini diberikan kepada anggota yang tersebar di 10 Desa se-Kecamatan Candipuro, dan tentunya penerima bantuan tiap tahun berbeda alias bergulir. Disampaikan juga bahwa UPK Candipuro juga lakukan kegiatan pembagian masker saat kondisi Corona dan sampai sekarang pun tetap dilakukan, sedangkan petugas dan pegawai di sini semuanya sudah lakukan vaksin.


Hal senada disampaikan ketua UPK Kecamatan Candipuro Witri Retno Wulandari bahwa tiap tahun secara rutin UPK Kecamatan Candipuro memberikan Dana Sosial Permodalan yang dananya diambil dari 15 Prosen Surplus anggaran per tahun ungkapnya.


" Alhamdulillah proses pelaksanaan dari awal sampai akhir bisa berjalan dengan aman dan nyaman, dan harapannya penerima bantuan bisa meningkat penjualannya, untuk anggota simpan pinjam wanita dan pinjaman uep agar taat untuk membayar tepat waktu," tuturnya.


Beliau juga menyampaikan bahwa selain Program ini di November akan dilaksanakan Undian Door Prize kepada anggota UPK yang hadiahnya cukup lumayan besar yaitu berupa mesin Cuci, Pesawat TV, Kulkas dan alat rumah tangga yang lain yang khusus diperuntukan untuk anggota UPK Kecamatan Candipuro.


Gatot juga menyampaikan bahwa UPK Kecamatan Candipuro memiliki Asset mencapai 7,3 Milyar Rupiah dari modal semula yang 1,8 Milyar, dari tahun 1998 sampai sekarang merupakan prestasi usaha yang cukup membanggakan itu semua berkat perjuangan dan kerjasama yang baik antara pengurus UPK badan Pengawas dan anggota, dan, aset yang dimiliki antara lain gedung, mobil, sepeda motor dan barang sarana dan prasana kantor.


Beliau juga sampaikan bahwa di UPK Candipuro ini mempunyai beberapa jenis kegiatan antara lain simpan pinjam wanita dan pinjaman untuk usaha ekonomi produktif dimana semua terdiri dari kelompok kelompok dengan tujuan mempermudah koordinasi antar anggota. Pinjaman disini berkisar antara Rp.3.000.000, untuk anggota baru, bila sudah lancar dan pembayaran tepat waktu bisa mengajukan pinjaman sampai Rp.12.000.000.


Hasanah yang merupakan anggota simpan pinjam perempuan dimana suaminya bekerja wiraswasta, menyampaikan ucapan rasa terima kasih kepada UPK Candipuro Kabupaten Lumajang, yang selalu peduli terhadap orang miskin.Dan saya pinjam dana di sana sekitar Rp.5.000.000, tentunya sangat besar manfaatnya bagi usaha saya.


Dengan bantuan berupa barang, memang saya pesankan sesuai dengan permintaan dan kebutuhan warung saya, sehingga bantuan yang saya terima sesuai dengan harapannya saya.


" Alhamdulillah bisa dibantu semoga bermanfaat dan sangat membantu saya dan harapan semoga terus lancar dan terus berlanjut program yang baik ini, sekali lagi terima kasih buat UPK Candipuro," katanya. (Eko)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.