n Untuk Tingkatkan Perekonomian Daerah, Gelar Pertemuan Bupati Hendy Bersama Jajaran Pimpinan KPwBI Jember di Pendopo Wahyawibawagraha - Peduli Rakyat News

Untuk Tingkatkan Perekonomian Daerah, Gelar Pertemuan Bupati Hendy Bersama Jajaran Pimpinan KPwBI Jember di Pendopo Wahyawibawagraha


Peduli Rakyat News | Jember,- Untuk meningkatkan perekonomian daerah di Kabupaten Jember, salah satu langkah yang ditempuh oleh Bupati Jember Ir H. Hendy Siswanto adalah melaksanakan audiensi dengan jajaran pimpinan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jember (KPwBI Jember). 


Dalam audensi antara Bupati Hendy bersama beberapa jajaran pimpinan KPwBI , dihadiri juga oleh Sekda, Kepala BPKA,Kepala Bapeda dan Kepala Disperindag. Pertemuan itu berlangsung di Pendopo Wahyawibawagraha, Kamis malam (17/06/2021).


Berbagai langkah Pemkab Jember ke depan yang telah ditindaklanjuti dalam meningkatkan perekonomian masyarakat Jember disampaikan oleh Bupati Hendy dalam pertemuan itu. Hendy mencontohkan target kampung ikan dengan kapasitas 1500 rumah untuk satu kampung ikan air tawar.



“Sistem resi gudang juga akan kami perbaiki, untuk menjaga kualitas hasil panen, utamanya kita akan kembangkan beras merah,” kata Bupati Hendy.


Bupati Hendy juga menjelaskan terkait langkah yang ditempuh untuk menjual hasil produksi masyarakat Jember ke Ibukota, dia mengatakan bahwa PD Pasar Jaya Jakarta meminta data produksi dan data komoditas hasil panen yang ada di Kabupaten Jember.


Dalam pertemuan itu dijuga dibahas terkait tentang penerimaan pajak. Bupati Hendy menjelaskan untuk ke depannya ingin segala transaksi mulai pemungutan pajak, retribusi sampai belanja daerah dilaksanakan secara nontunai.



Kepala KPwBI Jember Hestu Wibowo dalam keswmpatan itu menerima seluruh laporan dari masing-masing pejabat pemerintah Jember yang hadir, untuk kemudian ditindaklanjuti. Dia memberikan penjelasan bahwa pihaknya mempunyai rencana pendampingan potensi daerah dan produk unggulan lokal dengan pola manajemen serta pendampingan yang sudah dimiliki.


“Kami punya roadmap. Nanti UMKM pertamanya akan kami mapping sesuai kriterianya, dari tingkat paling dasar,” jelas Hestu Wibowo.


Hestu Wibowo lebih lanjut mengatakan akan membentuk piloting pengembangan potensi daerah sebagai pemicu awal. "Ini semua dilakukan agar tercipta kemandirian ekonomi yang produktif bagi masyarakat Jember,” pungkasnya. (Ist)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.