Iklan

Kamis, 17 Juni 2021, Juni 17, 2021 WIB
Last Updated 2021-06-17T16:06:56Z
BeritaJatimProbolinggoTerkini

Gandeng Semua Lini, Polres Probolinggo Kota Launching Kampung Tangguh Bersih Narkoba


Peduli Rakyat News | Probolinggo,- Satuan Reserse Narkoba (Sat Resnarkoba) Polres Probolinggo Kota bergerak cepat untuk menindaklanjuti instruksi Kapolri, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, terkait pembentukan Kampung Tangguh Bersih Narkoba. Bertempat di Aula Kelurahan Kebonsari Wetan Kota Probolinggo, Satresnarkoba Polres Probolinggo Kota bersama dengan Stakeholder terkait melaksanakan kegiatan pembentukan Kampung tangguh bersih narkoba, Rabu (16/06/20219) pagi.


Kegiatan ini dihadiri oleh Walikota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin, Kapolres Probolinggo Kota AKBP R.M Jauhari yang diwakili Kasat Resnarkoba AKP Suharsono, Camat Kanigaran Agus Rianto, Lurah Kebonsari Wetan Andayani RH., Sip, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Kebonsari Wetan, Perwakilan dari Lapas Kota Probolinggo dan Bea Cukai Kota Probolinggo serta para relawan Kampung Tangguh Bersih Narkoba Kel. Kebonsari Wetan Kota Probolinggo.


“Tidak hanya wabah virus korona yang semakin hari semakin masif penyebarannya, ada satu hal yang tidak boleh dilupakan, yakni bahaya penyalahgunaan narkoba,” sapa Habib Hadi 


Didampingi Camat Kanigaran Agus Rianto, ia sangat mengapresiasi adanya giat ini. Pasalnya, dengan giat ini dapat mengedukasi lingkungan dan warga agar jangan hanya melihat dan membiarkan aktivitas penyalahgunaan narkoba. “Informasikan kalau ada orang-orang yang menyalahgunakan penggunaan narkoba. Bisa informasikan pada babinsa atau bhabinkamtibmas setempat. Lalu akan diteruskan pada pihak terkait yang mempunyai tugas dan wewenang yang menangani narkoba,” ucapnya semangat.


Ia menjelaskan ketidakinginannya ada keluarga, saudara, teman, sahabat memiliki kecanduan narkoba. “Awalnya memang berteman, kemudian dikasih coba-coba. Setelah coba-coba jadi keterusan sehingga terjerumus pada hal-hal yang lebih jauh, yakni kriminalitas,” urainya.


Habib Hadi mengingatkan pada peserta sosialisasi untuk bisa meneruskan informasi yang didapat oleh narasumber dari Satreskoba Polresta Probolinggo. “Nanti bisa ditanyakan pada narasumber, diskusi bersama, menanyakan lebih teknis seperti jenis-jenis narkotika dan ancaman hukuman penyalahgunaan narkoba,” cetusnya.


Kasat Resnarkorba menyampaikan, kegiatan ini merupakan perintah dari Kapolri, dan Kapolda Jatim juga menyampaikan agar melaksanakan perintah tersebut, dengan membentuk Kampung Tangguh Bersih Narkoba (Bersinar). 


"Kami ucapkan terimakasih atas kerjasamanya kepada seluruh elemen masyarakat sehinga dapat terbentuk dan diresmikannya Kampung Tangguh Bersih Narkoba Polres Probolinggo Kota di Kel. Kebonsari Wetan Kec. Kanigaran Kota Probolinggo.," ucap AKP Harsono


"Kegiatan ini dilakukan dalam rangka membangun sinergitas, sebagai aparat negara seyogyanya kita memiliki satu visi terutama dalam rangka komitmen bersama untuk melakukan pemberantasan narkoba," ungkap


Kasat menambahkan, pemberantasan narkoba bukan hanya penindakan, tapi juga pencegahan dengan melibatkan stakeholder terkait karena penyalahgunaan narkoba adalah musuh kita bersama, karena sudah meracuni semua golongan, dari tingkat masyarakat yang paling redah hingga strata tertinggi, tak luput dari jeratan narkoba.


"Saya yakin dengan komunikasi serta koordinasi yang baik, pemberantasan dan pencegahan narkoba dapat terlaksana dengan baik. Pencanangan Kampung Tanguh Bersih Narkoba ini adalah salah satu bentuk komitmen dalam rangka pencegahan," tambahnya. (Glh)