Saat Bertemu Komisi E DPRD Jatim, Untuk Pekerja Migran Asal Jember, Bupati Hendy Inginkan E-monitoring System


Peduli Rakyat News | Jember,- Saat menerima rombongan komisi E DPRD Jawa Timur, Bupati Jember Ir. Hendy Siswanto didampingi Wabup KH. MB. Firjaun Barlaman, Selasa (18/05/2021). Untuk rombongan Komisi E DPRD Jatim tersebut dipimpin oleh Wakil Ketua Artono.


Bupati Hendy, dalam acara pertemuan itu menyampaikan bahwa pekerja migran Indonesia (PMI) yang pulang ke Jember telah melalui proses ketat sesuai protokol kesehatan. 



Protokol yang dimaksud adalah harus menjalani dikarantina dua kali di Surabaya dan Jember masing-masing 5 hari dan harus swab dua kali di Surabaya dan di Jember dengan hasil negatif. 


BupatiHendy juga menyatakan pemulangan PMI ke Jember berjalan lancar dan dinyatakan aman semua dari paparan Covid-19. 


Pada sisi lain, Bupati Hendy menyampaikan jumlah PMI di Jember mencapai 1.143 orang. Untuk itu, dia menginginkan ada E-monitoring System bagi mereka selama bekerja di luar negeri. "Kami akan membuat E-monitoring System untuk PMI Jember dengan dibantu Komisi E DPRD Jatim. Dengan adanya sistem tersebut dapat mempermudah pemantauan kondisi para PMI di luar negeri,” jelasnya.



Menurut Bupati Hendy, sistim ini juga menjadi sarana pelaporan yang bisa ditindak cepat apabila pekerja migran mendapat perlakuan tidak baik di negeri orang.


Dalam kesempatan itu, Bupati Hendy juga meminta Komisi E untuk memfasilitasi supaya PMI menjadi duta Kabupaten Jember di luar negeri. "Mereka menjadi duta Jember yang bisa membantu Kabupaten Jember, seperti mempromosikan potensi Jember di luar negeri,” pungkasnya. (NR)

Posting Komentar

0 Komentar