n Cetak Relawan Kampus Tanggap Bencana. 30 Mahasiswa Ikuti Diklatsar VII KSR IAIN Jember - Peduli Rakyat News

Cetak Relawan Kampus Tanggap Bencana. 30 Mahasiswa Ikuti Diklatsar VII KSR IAIN Jember

Peduli Rakyat News | Jember,- Korp Sukarelawan (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) Unit Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember merupakan salah satu wadah anggota relawan PMI yang mendaftarkan diri secara sukarela dan bersedia dimobilisasi sesuai dengan kebutuhan dan ketentuan organisasi yang berada dilingkungan Kampus IAIN Jember. 

Ketua KSR PMI Unit IAIN Jember, M. Wisnu Nafiri menjelaskan, penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan Kepalangmerahan dilakukan sebagai penguatan kapasitas sumber daya manusia dan pemberdayaan masyarakat, untuk itu kaderisasi anggota menjadi program utama pengurus KSR PMI Unit IAIN Jember.

"Rekrutmen anggota baru yang dikemas melalui pendidikan dan pelatihan Dasar (Diklatsar) angkatan ketujuh KSR PMI Unit IAIN Jember dan sebanyak 30 calon anggota yang mendaftarkan diri dan telah mengikuti Technical Meeting (TM), Jum'at, 26/3/2021. "Ungkap M. Wisnu Nafiri, Ketua KSR PMI Unit IAIN Jember dalam laporannya pada Opening Diklatsar VII. 

Kegiatan Diklatsar VII dibagi menjadi dua tahapan yaitu peserta mengikuti rangkaian penyampaian materi diruang yang berlangsung selama 7 hari dimulai hari Sabtu (27/3) hingga minggu (4/4) bertempat di Gedung G Fakultas Syariah IAIN Jember.

Menurutnya, materi yang diberikan pada diklatsar ruang sesuai kurikulum dan standarisasi pelatihan 120 Jam meliputi materi Gerakan Kepalangmerahan, kepemimpinan, Peran KSR, Organisasi PMI, Pertolongan Pertama Perawatan keluarga, Kesehatan Remaja, Manajemen Bencana, Dapur Umum, Program Berbasis Masyarakat, Logistik, Assesment, RFL, WASH, Shelter, harapannya materi tersebut menjadi bekal dasar peserta dalam menjalankan tugas-tugas kemanusiaan."Terangnya

Wisnu menambahkan, setelah mengikuti serangkaian materi ruang, selanjutnya calon anggota mengikuti materi simulasi atau diksar lapang selama tiga hari, pada tanggal 9-11 April 2021, tujuan materi DIKSAR lapang sebagai penguatan mental dan menggembleng peserta dialam bebas atau dihadapkan pada situasi keadaan darurat yang sebenarnya,"Tambahnya.

Diklatsar ini digelar dalam rangka kaderisasi anggota baru dengan tema "Mewujudkan Jiwa Relawan Tanggap, Profesional dan Loyalitas". PMI berharap melalui Diklatsar VII ini dapat mencetak relawan yang sigap, tanggap dan memiliki komitmen loyalitas yang tinggi terhadap organisasi. 

“Harapannya diklatsar VII ini melahirkan relawan yang tangguh dan memiliki kompetensi mempuni dalam melakukan penanganan bencana atau tugas kemanusiaan lainnya baik di lingkungan kampus maupun di luar kampus,” menurut Rupiyanto, SP., Kepala Markas PMI Kabupaten Jember dalam sambutannya di hadapan Sukarelawan dan peserta pada pembukaan Pendidikan dan Pelatihan Dasar angkatan ketujuh KSR PMI Unit IAIN Jember, Jum'at 26/3/2021.

Selama 120 jam calon anggota baru digembleng dengan serangkaian materi ruang dan simulasi lapangan sebagai materi penguatan, diharapkan menghasilkan anggota yang betul-betul tangguh dan memiliki keahlian mumpuni karena ke depannya tantangan Korps Sukarela (KSR) sebagai ujung tombak PMI akan semakin bertambah berat dan harus menyesuaikan era digitalisasi dalam menjalankan tugas kemanusiaan."

Selain melaksanakan kegiatan Diklatsar, peserta diharapkan bisa terjun langsung membantu pemerintah ikut sosialisasi Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), menjaga jarak, sering mencuci tangan dan menggunakan masker sebagai upaya mencegah penyebaran Coronavirus Disease 2019, selain itu, hal yang utama adalah peserta mampu mengedukasi lingkungannya untuk mendonorkan darahnya di masa pandemi ini. "Jelas Rupiyanto.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.