Pengelolaan Sampah Ecobrik & Eco Enzyme Diperkenalkan Desa Kalirejo Dalam Lomba Desa Berseri 2021

Peduli Rakyat News | Probolinggo,- Pemerintah kabupaten ( Pemkab ) Probolinggo adakan lomba desa berseri tingkat Provinsi Tahun 2021. Kegiatan lomba desa berseri di ikuti sebanyak 7 desa / kelurahan sebagai perwakilan kabupaten Probolinggo. salah satunya desa yang layak mengikuti lomba yaiti.Desa Kalirejo kecamatan Dringu kabupaten Probolinggo. Dengan jadwal jam titik terakhir penilaian, Kamis ( 18/03/2021 )

Berdasarkan UU No 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup pasal 65 ayat ( 1 ),yaitu Setiap orang berhak atas lingkungan hidup yang baik dan sehat sebagai bagian dari hak asasi manusia.

UU. No 18 tahun 2008 tentang pengelolaan sampah, pasal 12 ayat ( 1 )Setiap orang dalam pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga wajib mengurangi dan menangani sampah dengan cara yang berwawasan lingkungan.

Serta Pergub Jatim Nomor 69 Tahun 2011 tentang program Jawa Timur menuju provinsi hijau ( Go Green Province ).



Terlebih dengan adanya peraturan daerah Kabupaten Probolinggo nomor 7 tahun 2016 tentang anggaran pendapatan dan belanja daerah Kabupaten Probolinggo tahun anggaran 2017, adapun maksud dan tujuan lomba desa berseri ini guna mewujudkan komitmen pemerintahan desa agar melaksanakan pembangunan berkelanjutan yang berbasis dan berwawasan lingkungan sehingga terbentuk lingkungan desa yang bersih, sehat, lestari, dan asri. tujuan untuk meningkatkan kapasitas Pemerintah desa dalam manajemen pelestarian lingkungan di wilayahnya sehingga dapat tercipta lingkungan yang bersih sehat lestari dan asri.

Dalam kesempatan ini, Kades Gatot Mulyono menjelaskan.bahwa fihak pemerintah desa yang selalu bersinergi dengan seluruh lapisan masyarakat. Dalam hal memprioritaskan program pengolah limbah Ecobrik yaitu mengolah sampah plastik, menjadi sebuah kerajinan. Selain dapat mengurangi adanya sampah plastik, program pengelolaan sampah Ecobrik ini bisa membantu perekonomian warga nya.

Selain itu, program dari desa Kalirejo dalam pengelolaan lingkungan adalah pengelolaan sampah eco enzyme yaitu hasil dari fermentasi limbah dapur organik seperti ampas buah dan sayuran, gula (gula coklat, gula merah atau gula tebu), dan air. ... Enzim dari “sampah” ini adalah salah satu cara manajemen sampah yang memanfaatkan sisa-sisa dapur untuk sesuatu yang sangat bermanfaat.

adapun sasaran lomba Desa berseri ini meliputi
– kelembagaan dan partisipasi masyarakat
– pengelolaan lingkungan
– pengelolaan sumber daya alam



Tim penilaian dari DLH provinsi Jawa timur beserta pemerhati lingkungan melakukan kunjungan lapangan yaitu didusun Bengkingan serta Balai desa Kalirejo. Tim melihat secara langsung hasil kegiatan serta antusias warga yang berkaitan dengan pengelolaan lingkungan hidup. serta mengumpulkan data primer dan sekunder untuk mengukur kondisi lingkungan hidup sesuai dengan lembar evaluasi program berseri. Karena semakin banyak keterlibatan warga di dalam pengelolaan lingkungan hidup maka akan semakin baik.

Kepala desa Kalirejo, mengucapkan selamat datang kepada tim penilai lomba desa berseri di desa Kalirejo kecamatan Dringu. dalam hal ini fihak nya berharap agar tetap menjaga lingkungan sehat, bersih, dan berseri.

Semoga dengan adanya program ini,warganya di rumah selalu sehat,apa lagi dimasa pandemi sepeti ini kami harap tetap menggunakan protokol kesehatan, memakai masker, cuci tangan, hindari berkerumunan."Harapnya.

Pak Songot (sebutan akrab kades Kalirejo) menjelaskan, bahwa dirinya siap menerima amanah warganya dalam memimpin desa Kalirejo periode selanjutnya.

"Dalam kesempatan ini,saya mohon bantuan doa serta Dukungan seluruh masyarakat desa Kalirejo."Pungkasnya.(io)

Posting Komentar

0 Komentar