Millenial Tanggul, Gagas Kampung Donor Kidul Pasar Sebagai Lumbung Darah

Peduli Rakyat News | Jember,- Milenial Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember tergerak menyikapi persoalan menipisnya stock darah di Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Jember dengan menggagas Kampung Donor Pemuda Kidul Pasar Tanggul yang akan digelar rutin dua bulan sekali dengan harapan dapat bermanfaat bagi sesama. 

"Menyikapi menipisnya stock darah sebagaimana yang dirilis UDD PMI Kabupaten Jember yang menyebutkan bahwa, " Pendonor yang terhormat, saat ini kami sedang mengalami kekurangan stock darah, apabila berkenan kami mohon kehadiran untuk donor kembali, pesan singkat yang disampaikan kepada seluruh relawan pendonor Jember, untuk itu kami Pemuda Tanggul bersepakat untuk membentuk kampung donor darah Pemuda Kidul Pasar Tanggul sebagai lumbung darah UDD PMI kabupaten Jember." Ujar Yuniar ardiansyah, Koordinator Kampung Donor Darah Pemuda Kidul Pasar Tanggul.

Peranan pemuda yang diharapkan dapat mengajak kaum milenial Tanggul produktif dan sebagai wujud kepedulian sosial melalui Kampung Donor Pemuda Kidul Pasar Tanggul.

Pemuda yang peduli sesama dan sebagai motor penggerak kemanusiaan, adakalanya melakukan tindakan-tindakan yang tidak produktif dan terhindar dari godaan seks bebas, narkoba, tawuran anarkisme, dan hedonisme. Dengan kata lain, para pemuda tak jarang dianggap sebagai pengusik tatanan hidup dalam bermasyarakat.

Maka dari itu, kami Pemuda Kidul Pasar ( KPKP ) Kecamatan Tanggul menggagas kegiatan yang bermanfaat bagi sesama, berkelanjutan dan mengajak pemuda yang lain ikut donor darah." Ungkapnya. 

Sementara, Ketua PMI Kabupaten Jember, E A Zaenal Marzuki, SH, MH mengapresiasi gagasan pemuda Kidul Pasar Tanggul sebagai Kampung Donor Darah. Kampung donor ini sangat bermanfaat bagi lumbung darah di UDD PMI Kabupaten Jember.

"Untuk menjaga ketersediaan darah UDD PMI kabupaten Jember, Kampung donor Pemuda Kidul Pasar Tanggul laksanakan donor darah perdananya pada Minggu, (14/3) berhasil mendapatkan 41 kantong darah, tentu kegiatan ini sangat bermanfaat sebagai lumbung darah." Ujarnya. 

Menurutnya, sebagai antisipasi kekurangan darah menjelang bulan Ramadhan, PMI Jember gandeng relawan donor darah yang ada di masing-masing kecamatan untuk ikut serta mendirikan dan pengukuhan 100 Kampung Donor Darah di Kabupaten Jember secara bertahap sebagai lumbung darah di PMI Kabupaten Jember." Pungkasnya.

Zaenal Marzuki menambahkan, program pengukuhan Kampung Donor, penyerahan Piagam penghargaan sekaligus donor darah juga dilaksanakan di Kampung Donor Kidul Besuk Desa Ajung dan Desa Karangduren Balung, " Menurut Ketua PMI Kabupaten Jember.

Posting Komentar

0 Komentar