Desa Kalirejo Mewakili Kabupaten Probolinggo di Tingkat Provinsi Jawa Timur Lomba Desa BerseriJumat, 19 Maret 2021

Peduli Rrakyat News | Probolinggo,- Ada 7 desa/ kelurahan se Kabupaten Probolinggo yang layak dan memenuhi kriteria sebagai duta Lomba Desa Berseri tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2021.

Salah satunya adalah Desa Kalirejo Kecamatan Dringu. Desa ini layak menjadi duta Kabupaten Probolinggo karena memiliki beberapa karakter unik, salah satunya di Dusun Bengkingan, yaitu aneka bunga dan tanaman obat keluarga (toga) terlihat di sisi kanan kiri jalan.

Kepala Desa Kalirejo, Gatot Mulyono mengatakan, sebelum ada penilaian lomba, warganya memang hobby menanam aneka bunga dan tanaman obat keluarga (toga), dimaksud agar lingkungannya tercipta berseri dan ramah lingkungan.

"Masyarakat Desa Kalirejo memang antusias dalam hal kebersihan lingkungan, gemar menanam bunga didepan dan samping rumahnya, apalagi ada lahan kosong," kata Bung Songot (sebutan akrabnya-red) kepada media Snipers.News, Kamis (18/3/2021).

Kades Mulyono mengaku, Desa Kalirejo mempunyai ikon ecobrick dengan tujuan mengurangi limbah plastik menjadi berbagai macam kerajinan bernilai seni tinggi seperti kursi, vas bunga, variasi gapura dan lainnya.

Setelah desanya terpilih menjadi duta Kabupaten Probolinggo untuk ikut kontes desa berseri tingkat Jawa Timur, maka pihaknya mulai mengembangkan objek lingkungan agar memenuhi kriteria para juri verifikasi lomba.

"Urusan juara atau tidak itu tidak begitu penting bagi kami, yang terpenting adalah masyarakat terus sadar diri untuk tetap menciptakan lingkungan yang asri dan berseri," imbuh kades satu periode ini.

Ia berharap, dengan dipilihnya Desa Kalirejo menjadi duta lomba desa berseri tahun 2021 tingkat provinsi, maka sebagai tantangan kedepan harus tetap menjaga kebersihan lingkungan, kenyamanan dan kerukunan bersama.

"Semoga ikhtiar untuk kemaslahatan ummat ini tercatat sebagai amal ibadah dan desa kami tetap rukun, aman serta makmur ekonominya," tandas kades yang berikhtiar akan maju lagi di pilkades tahap kedua nanti. (Dio)

Posting Komentar

0 Komentar