n Diklat BTCLS, Tingkatkan SDM Bidang Kesehatan - Peduli Rakyat News

Diklat BTCLS, Tingkatkan SDM Bidang Kesehatan


Peduli Rakyat News | Jember,- Dengan diklat Basic Trauma and Cardiac Life Support (BTCLS), adalah salah satu cara untuk peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang kesehatan, Hal ini didukung oleh Pemerintah Kabupaten Jember.


“Untuk diklat ini sebagai upaya Pemkab Jember untuk mengembangkan SDM, sehingga di Jember tersedia SDM yang mumpuni, khususnya di bidang kesehatan,” ungkap Plt. Bupati Jember, Drs. KH. A. Muqit Arief.


Untuk kegiataan diklat yang diikuti oleh tenaga kesehatan dari tiga rumah sakit daerah digelar di aula Diklat BKPSDM Pemkab Jember, Senin, 9 November 2020.



Diklat BTCLS merupakan pengetahuan dan kemampuan dasar yang perlu dimiliki oleh seorang tenaga kesehatan untuk menghadapi situasi gawat darurat. "Sehingga, para perawat dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas, karena bagian kesehatan dibutuhkan tenaga yang handal dalam menangani masalah kesehatan yang ada,” imbuh plt. Bupati.


Plt. Bupati yang juga akrab disapa Kiai Muqit ini menyampaikan, diklat diharapkan benar-benar meningkatkan kemampuan para tenaga Kesehatan dalam memberikan pelayanan yang lebih mumpuni. Peserta diklat nantinya diharapkan dapat membawa angin segar untuk meningkatkan pelayanan kesehatan.


Pada kesempatan itu, Perwakilan BPSDM Provinsi, Drs Anang Triyono, MM., yang membacakan sambutan Kepala BPSDM Provinsi Jatim, memberikan apresiasi atas terselenggaranya diklat tersebut.



Selanjutnya, diklat itu diharapkan berkembang sejalan dengan upaya peningkatan Kesehatan. “Karena pelayanan kesehatan menjadi prioritas, di samping bidang pendidikan,” ungkapnya.


Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi Aparatur pada BKPSDM Jember, Endang Sulistyowati, S. Kep, Ners., sementara itu menjelaskan, diklat bertujuan meningkatkan kompetensi peserta didik di bidang kesehatan


Untuk pembekalan tentang BTCLS diberikan kepada ASN dari tiga rumah sakit daerah di Jember, sejumlah 40 peserta, meliputi RSD dr. Soebandi, RSD Balung, dan RSD Kalisat. Sebelum mengikuti diklat, peserta telah menjalani rapid test. “Peserta akan diasramakan selama diklat berlangsung,” pungkasnya. (*)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.