Kepala Desa Ranulogong Membuka Acara Sarasehan Diaolog Kearifan Sosial

Peduli Rakyat News | Lumajang,- Bertempat di Balai Desa Ranulogong warga antusius datang dalam rangka kegiatan sarasehan dialog tematik keserasian sosial dan semua berjalan dengan aman dan lancar, Kamis (17/9/2020).

Hasan Basri selaku Kepala Desa Ranulogong Kecamatan Randuagung Kabupaten Lumajang mengucapkan rasa terima kasih kepada undangan dari Dinas sosial Kabupaten Lumajang serta warganya yang hadir dalam kegiatan yang penuh manfaat ini. 

Kegiatan sarasehan diaolog tematik I yang bertempat di balai desa ranulogong dengan narasumber dari Dinas sosial kabupaten Lumajang terdiri dari Sekretaris Dinas Sosial, Kepala Bidang Perlindungan dan jaminan sosial Nana Indra Wahyunu dan kepala seksi perlindungan sosial korban bencana alam dan orang terlantar Romawati Biana dan juga dari Ketua Keserasian sosial desa ranulogong, Ketua pendamping keserasian sosial kabupaten lumajang, warga desa ranulogong serta perwakilan pkk dan gerbangmas. 

Beliau juga sampaikan acara yang di gelar oleh Forum keserasian sosial desa ranulogong dengab diaolog  tematik bertujuan untuk menyeimbangkan konflik yang pernah adanya perbedaan sehingga dengan adanya kegiatan dari kementerian sosial ini bisa membantu membantu menyelesaikan permasalahan sehingga desa bisa kondusif dan berjalan dengan baik. 

Harapannya desa ranulogong kondusiif bila ada masalah perlu di carikan solusi. Untuk tindak lanjutnya forum ini tidak harus selesai saat tematik ini kalau bisa tetap bisa selalu hadir bersama untuk ciptakan warga yang damai dengan selalu gelar dan pembinaan yang berkelanjutan,"tuturnya. 

Ninis Ligiwinarsih selaku Sekretaris  Dinas sosial kabupaten Lumajang mewakili Kepala Dinas sosial lumajang menyampaikan Kegiatan sarasehan diaolog tematik I dengan tema kebersamaan dan gotong royong menciptakan rasa persatuan dan kesatuan bangsa.

Beliau memberikan apresiasi karena warga desa ranulogong  dalan kegiatan ini dan hadir dibalai desa dengan menggunakan masker dan dibalai desa dilengkapi dengan tempat cuci tangan dan semua pihak taat menggunakan protonol kesehatan.

Beliau sampaikan program Keserasian  sosial merupakan kegiatan dari kementerian sosial lewat usulan dari pelopor perdamaian dan forum keserasian desa ranulogong, usulan dari warga yang dulu ada konflik sosial agar diberikan solusi. Dan strategi  untuk mencegah timbulnya konflik sosial dapat diselesaikan secara musyawarah.

Informasinya dulu di Dusun Darung atas konflik terkait jalan sehingga usulan dari warga lewat forum keserasian sosial desa ranulogong  bisa disetujui dan berharap nantinya pembangunan rabat beton bila sudah selesai harus di jaga.

Romawati Biana selaku kepala seksi Bencana sosial dan orang terlantar berharap tidak banyak terjadi konflik dan bila mana ada konflik perlu dicarikan solusi secara bersama sama. Dan bantuan dari kementerian sosial lewat keserasian sosial dengan bertujuan agar konflik tidak ada atau minimal di cari solusi,"tuturnya. 

Rudik M kholik selaku pendamping keserasian sosial kabupaten lumajang menyampaikan agar 
Program forum keserasian sosial ini bisa dikerjakan secara bersama sama dengan semua pengerak dan warga desa ranulogong, partisipasi masyarakat yang harus di butuhkan dan kami selalu siap membantu sampai benar benar kegiatan ini selesai. 

Beliau juga sampaikan masih banyak program yang lain dari kementerian sosial seperti menguatkan kearifan lokal di desa ranulogong dalam bidang kesenian. Kedepanya forum keserasian sosial desa ranulogong, warga dan kepala desa bisa mengusulkan jenis kesenian mana yang ada bisa juga hadrah, kesenian reog, ujung dan lainnya yang penting semuanya untuk menjaga dan melestarikan dan warisan seni dari para pendahulu kita," tuturnya. (eko)

Posting Komentar

0 Komentar