Astina Terapkan Prokes Dimasa Tatanan Kehidupan Era Baru

Peduli Rakyat News | Buleleng,- masih berlangsung nya wabah Covid-19, pemeritah menerapkan tatanan kehidupan baru (New Normal) Pemerintah Kelurahan Astina Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng - Bali, Guna memutus rantai penyebaran Covid-19 tetap akan mengadakan kegiatan penyemprotan desinfektan dan melalui Satgas Gotong Royong Bendesa Adat, Bhabinkamtibmas dan Babinsa juga tetap akan selalu memberikan himbauan terhadap warga masyarakat agar selalu menjaga jarak, menggunakan masker, cuci tangan selalu setelah mengadakan aktifitas baik ringan maupun berat, semprot tangan mengunakan Hand Sanitizer agar supaya kita semua terhindar dari wabah virus Corona.
‌Kepala Kelurahan Astina I Ketut Alit Raiwaja.SH mengatakan, Dengan munculnya wabah Virus Corona pihak kelurahan Astina selalu mengadakan koordinasi dengan Bendesa adat, Satgas Gotong Royong ,Bhabinkamtibmas dan Babinsa.
"‌Guna menjaga tertularnya Covid - 19 kepada warga masyarakat Astina, di pasca Pandemi pihak Kelurahan Astina membagiakan cairan desinfektan kepada warga dengan tujuan agar seluruh warga masyarakat bisa melakukan penyemprotan desinfektan secara mandiri" ucapnya

"Lain hal nya dengan masalah bantuan sosial terhadap warga yang terdampak Covid - 19, pihak kelurahan hanya bisa menyalurkan apa yang di dapat dari pemerintah daerah mengingat ditempat kami ini Kelurahan bukan Pemerintah Desa" pungkasnya.

Menurut Alit Raiwaja.SH selaku kepala Kelurahan Astina, Anggaran kelurahan dan desa tidak sama kalau Kelurahan ada di bawah kecamatan, anggarannya masih termasuk pada APBD. Tapi kalau desa otonom, pengelolaan anggarannya di APBDes.

Ditambahkan, Kalau Kelurahan merupakan perangkat kecamatan dalam melaksanakan pelayanan kepada masyarakat. Penetapan tugasnya pun diberikan oleh pemerintah level di atasnya. Sedangkan pelaksanaan kegiatan di desa, diatur, direncanakan, dan diurus sendiri oleh desa tersebut. Untuk penggunaan DAU Tambahan, terdapat 2 bidang prioritas. Pertama, pengadaan, pembangunan, pengembangan serta pemeliharaan sarana dan prasarana kelurahan yang meliputi lingkungan pemukiman, transportasi, kesehatan, pendidikan dan kebudayaan, serta sarana prasarana lainnya. 

Kedua, pemberdayaan masyarakat kelurahan yang meliputi pelayanan kesehatan masyarakat, pelayanan pendidikan dan kebudayaan, pengembangan UMKM, penguatan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana serta kejadian luar biasa, serta pengelolaan kegiatan pemberdayaan masyarakat lainnya sesuai dengan hasil yang diputuskan dalam musyawarah kelurahan, tambahnya

"Adapun harapan dari Kepala Kelurahan Astina, Alit Raiwaja.SH berharap kepada seluruh warga dalam menjalankan tatanan kehidupan era baru (New Normal) tetap memperhatikan himbauan dari pemerintah dan protokol kesehatan mengingat virus Corona masih ada, dan jika ada warga masyarakat atau tetangga kita yang kenak gejala atau terpapar Covid - 19 Saya selaku Lurah Astina mohon kepada warga masyarakat Astina untuk tidak mengucilkannya. Mari kita bersama-sama membantu yang bersangkutan dan keluarganya. tutup Alit Raiwaja.(Agus)

Posting Komentar

0 Komentar