Kampung Tangguh Covid 19 Pertama Di Resmikan Bupati Dan Kapolres Lumajang

Peduli Rakyat News | Lumajang,- Bertempat di kantor Desa Banjarwaru Kecamatan Lumajang Kabupaten Lumajang beralamatkan jalan monumen Kapten Kyai Ilyas No.09, dilaksanakan kegiatan Peresmian Kampung Tangguh Covid - 19, Rabu (27/5/2020).

Hadir dalam kegiatan sebanyak kurang lebih sekitar 50 orang diantarnya Bupati Lumajang H. THORIQUL HAQ, M. ML, Kapolres Lumajang AKBP ADEWIRA NEGARA SIREGAR, S.I.K., M. Si., Dandim 0821 Lumajang Letkol Inf. Ahmad Fauzi, SE, Danyon 527/BY Lumajang Letkol Inf. Totok Priyo Kismanto, Kasatpol PP Pemkab Lumajang Drs. Matali Bilogo, Kabag Polres Lumajang, Para Kasat Polres Lumajang, Jajaran Camat se Kab. Lumajang, Jajaran Kapolsek Polres Lumajang, Perwakilan Danramil Kodim 0821 Lumajang, Jajaran Kepala desa dan Kepala Kelurahan dari wilayah Kec. Lumajang, Kepala Desa Bajarwaru dan  Perangkat desa, bidan dan perawat Desa Banjarwaru. 

Samsul Arifin Kepala Desa Banjarwaru mengucapkan rasa terima kasih atas kehadiran seluruh tamu undangan,  ini adalah kebanggaan bagi kita Pemerintah Desa Banjarwaru. Pemerintah Desa Banjarwaru telah melaksanakan seluruh kegiatan pencegahan dan penanganan Covid - 19 sesuai dengan petunjuk dan arahan Bupati Lumajang, Kapolres dan Dandim 0821 Lumajang. 

Beliau juga menyampaikan penyaluran BLT DD sudah kita serap maksimal yaitu sebesar 25 % dengan jumlah penerima 106 orang,  dengan realisasi sebanyak 95 penerima,  karena ternyata banyak warga yang sadar dan masih mampu secara ekonomi dan penerima BLT DD juga kita labelisasi yang dilakukan secara pribadi oleh masyarakat sendiri. 

Kapolres Lumajang AKBP Adewira Negara Siregar mengucapkan Puji syukur diawal bulan syawal ini diberi kesempatan untuk hadir dalam peresmian pilot project Kampung Tangguh Covid 19, dengan harapan nantinya sleuruh desa se - Kabupaten Lumajang juga melaksanakan kegiatan yang sama sebagai upaya melawan virus Corona covid 19. Kegiatan ini merupakan inisiasi Forkopimda Pemprov Jatim yang bertjuan untuk cegah pandemi Covid 19 yang sampai hari ini belum ada antivirusnya.

Beliau berharap dengan adanya Kampung Tangguh, di wilayah Jawa Timur khususnya di Kabupaten Lumajang segera terbebas dari pandemi Virus Corona, kondisi saat ini angka ODP,  PDP dan Confirm masih tinggi. Dan sekali lagi terima kasih kepada Kades Banjarwaru atas kesiapan kampung tangguh ini yang dilakukan diluar ekspetasi saya, berharap para Kapolsek yang ada pasien positif Corona juga melakukan hal yang sama dengan mengambil contoh di Desa Banjarwaru,  ajak Danramil dan Camat untuk melihat dan ikut langsung dalam rangka cegah virus Corona.
 
" saya juga mau pamit, karena saya mendapat perintah untuk pindah tugas,  di waktu yang singkat ini masyarakat Lumajang sudah menggoreskan tinta emas di hati saya," tuturnya.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq memberikan sambutannya kondisi sekarang ini cluster yang kita antisipasi adalah translokal yaitu kedatangan orang dari daerah redzone masuk ke wilayah Kabupaten Lumajang, untuk itu forkopimka agar antisipasi kedatangan orang - orang dari daerah Zona Merah seperti Surabaya, Jakarta dan solo yang tren kenaikan confirm nya terus meningkat.
 
Ujung tombak dari semua penanganan Covid - 19 adalah pemerataan penanganan Covid adalah di Desa melalui RT dan RW. 

" Saya apresiasi betul Desa Bajarwaru ini mekanismenya sudah jalan dalam penanganan Covid 19 dengan menerapkan protokoler kesehatan Covid 19," 

Beliau juga sampaikan agar semua camat agar melakukan pendampingan kepada seluruh kepala desa untuk penggunaan Anggaran Dana Desa yang bisa dilakukan untuk pelaksanaan Kampung Tangguh, serta camat, Kapolsek dan Danramil agar pantau transparansi seluruh program bantuan yang ada di desa.

" Masalah tidak tepat sasaran memang masih ada, saya menyadari hal itu, akan tetapi kita jajaran Forkopimda sudah mengantisipasi hal itu untuk kembali menggerakkan roda perekonomian masyarakat agar tidak timbul gejolak di masyarakat," tuturnya.(Eko)

Posting Komentar

0 Komentar