n Sukseskan Sensus Penduduk Secara Daring, Rukun Warga Ini Kerahkan Dasa Wisma, Hal itu Adalah Semangat Bupati Faida Yang Menular ke Warganya - Peduli Rakyat News

Sukseskan Sensus Penduduk Secara Daring, Rukun Warga Ini Kerahkan Dasa Wisma, Hal itu Adalah Semangat Bupati Faida Yang Menular ke Warganya


Peduli Rakyat News | Jember,- Dalam mensukseskan Sensus Penduduk tahun 2020 secara daring, Bupati Jember, dr. Faida, MMR memberikan semangatnya kepada warga yang bertempat di RW 28 Kelurahan Jember Kidul, Kecamatan Kaliwates.

Dalam kesempatan itu, Agus Sumardiono selaku ketua RW setempat mengerahkan ibu-ibu Dasa Wisma untuk mengejar target penyelesaian sensus penduduk ini. "Kami targetkan seratus persen,” kata Agus dirumahnya, Sabtu 29 Februari 2020.

Untuk pertama kalinya, Agus memberikan bimbingan pengisian sensus penduduk secara daring. Bimbingan itu dilakukan di rumahnya bertujuan untuk menggerakkan ibu-ibu di Dasa Wisma agar mengerti sistem tersebut.


Menurut Agus, selanjutnya ibu-ibu yang mempunyai anggota 10 orang itu mendatangi satu persatu anggotanya untuk membantu mengisi sensus secara daring menggunakan telepon seluler (ponsel). "Saya meminta agar juga melihat kartu keluarganya. Tidak sekedar bertanya saja,” terang Agus.

Agus melenjutkan, gerakan ini sukses. Sekitar satu minggu bergerak, sensus diperkirakan sudah lebih 50 persen. Jumlah kepala keluarga yang ada  di RW 28  ini lebih kurang 300 KK.

"Setiap kali Ketua Dasa Wisma selesai membantu anggotanya mengisi sensus, bukti telah melakukan sensus dikirim ke dia melalui aplikasi pesan WhatsApp. Dengan demikian bisa memantau pergerakan ibu-ibu tersebut", ujar Agus.


Selain sebagai pemantauan, pengiriman bukti tersebut untuk pencetakan. Karena banyak yang tidak punya printer, jadi Agus mencetak dirumahnya dengan memanfaatkan kertas-kertas yang tidak terpakai.

"Pencetakan bukti itu, untuk menunjukkan ke petugas sensus wawancara bahwa telah melakukan sensus penduduk secara daring",tegas Agus.

Untuk itu, Agus berharap sensus oleh ibu-ibu Dasa Wisma sudah mencapai 80 persen pada awal bulan Maret mendatang. Hanya RT 4 yang mungkin agak rendah, karena jumlah penduduknya paling banyak. "Cerakan ini saya harapkan mendapatkan apresiasi dari bupati agar warganya semakin bersemangat dalam menjalankan sensus darling ini",pungkasnya. (*)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.