Iklan

Sabtu, 08 Februari 2020, Februari 08, 2020 WIB
Last Updated 2021-06-17T16:01:09Z
BaliBeritaJembrana

Suka Cita Petani Didampingi Babinsa, Ciptakan Pertanian Unggul

Peduli Rakyat News | Jembrana,- Upaya mewujudkan kemanunggalan TNI bersama Rakyat, Babinsa Tegal Cangkring, Koptu Suwardi dari Koramil 1617-02/Mendoyo, Jumat (7/2) kemarin melaksanakan pendampingan terhadap Petani dalam membantu memupuk padi di lahan persawahan milik I Nengah Widaka (75) seluas 2 Ha yang berlokasi di Subak Tegalgintungan, Lingkungan Delod Baler Agung, Kelurahan Tegalcangkring, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali.

Koptu Suwardi mengatakan, pupuk yang digunakan adalah jenis Phoska terhadap padi yang berumur 1,5 bulan.

Menurutnya, tujuan pemupukan ini adalah untuk memberikan perawatan kesuburan terhadap batang padi, dan sebagai langkah proaktif dalam menanggulangi serangan hama tanaman padi, sehingga diharapkan para petani melaksanakan pemupukan ini secara benar guna menjaga agar tanaman tumbuh sehat sehingga nantinya akan mendapatkan hasil panen yang baik.

"Kegiatan dilakukan bukan semata karena tugasnya sebagai Babinsa yang diperintahkan untuk mendampingi petani disetiap kegiatan pertanian, akan tetapi membantu Petani dengan penuh ikhlas dan sekaligus mencari pengalaman khususnya dalam bidang pertanian", jelas Suwardi.

Sementara itu, pemilik sawah lahan persawahan milik I Nengah Widaka mengaku senang sekali dengan adanya Babinsa langsung terjun ke sawah dan membantu petani. "Saya merasa terhormat dan bangga sekali atas kehadiran bapak Tentara membantu memdampingi kami dalam mengelola sawah kami", ujarnya

Di lain sisi Danramil 1617-02/Mendoyo, Kapten Inf Supena seizin Dandim 1617/Jembrana, Letkol Kav. Djefri Marsono Hanok menjelaskan, pendampingan yang dilakukan Babinsa terhadap para Petani ini merupakan wujud kebersamaan antara TNI dan Rakyat. "Kegiatan ini selain membantu petani, juga sekaligus sebagai sarana menjalin keakraban antara Petani dan Babinsa, khususnya di wilayah Desa Binaan", kata Danramil.(Agus/Suar)