Iklan

Selasa, 18 Februari 2020, Februari 18, 2020 WIB
Last Updated 2020-03-11T11:16:11Z
Jember

Pemkab Jember Menyerahkan Bayi yang Ditemukan di Gumukmas ke PSAB


Peduli Rakyat News | Jember,- Bayi perempuan yang ditemukan oleh warga Kecamatan Gumukmas, Jember, yang sempat menghebohkan masyarakat beberapa waktu itu, saat ini oleh Pemerintah Kabupaten Jember melalui Dinas Sosial menyerahkan seorang bayi perempuan kepada Pelayanan Sosial Asuhan Balita (PSAB) Sidoarjo, Selasa, 18 Februari 2020.

Gatot Triono, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jember menjelaskan, sebelumnya bayi tersebut ditemukan oleh warga Kecamatan Gumukmas, Jember. "Kemudian dirawat di Puskesmas setempat, karena kondisi bayi agak kuning. Alhamdulillah saat diserahkan kondisinya sehat,"terangnya.


Dari keterangan yang didapat, saat ditemukan diketahui berat bayi tersebut 2,5 kg. Beratnya mengalami penambahan hingga 3,5 kg selama perawatan selama kurang lebih 15 hari. Selanjutnya, bayi tersebut ditemukan di teras rumah warga Dusun Krebet, Desa/Kecamatan Gumukmas pada Senin, 03 Februari 2020, sekira pukul 05.00 wib.

Gatot kembali memberikan keterangannya, pertama ditemukan, kondisi bayi sudah bersih dengan pakaian lengkap. Menurut bidan setempat, saat ditemukan bayi itu diperkirakan berusia 2-3 hari. Selanjutnya setelah diserahkan ke PSAB, anak tersebut telah menjadi anak negara. Seluruh prosedur pengasuhan berada pada tugas dan tanggung jawab lembaga milik Dinas Propinsi Jawa Timur tersebut.


"Bagi pihak yang ingin mengadopsi diharapkan untuk menghubungi langsung PSAB di Sidoarjo," terang Gatot.

Dalam prosesnya penyerahan bayi tersebut berlangsung di kantor Dinsos sekitar pukul 15.00 wib, dan telah disertai dokumen yang lengkap. "Adapun berkas itu meliputi berita acara kepolisian, hasil pemeriksaan dari Puskesmas, berita acara serah terima bayi dari Puskesmas ke Dinsos, surat keterangan/permohonan rekom tempat tinggal tidak tetap (T4), surat keterangan dari desa dan kecamatan," pungkas Gatot. (*)