Iklan

Jumat, 21 Februari 2020, Februari 21, 2020 WIB
Last Updated 2021-06-17T16:01:09Z
BaliBeritaJembrana

Kapolres Jembrana Pimpin Penghijauan Hutan Mangrove Di wilayah Desa Budeng

Peduli Rakyat News | Jembrana,- Polres Jembrana, hari ini, Jumat (21/2) Polres Jembrana melakukan penghijau penanaman 2000 pohon mangrove, dipimpin langsung Kapolres Jembrana AKBP I Ketut Gede Adi Wibawa, S.I.K.

Intruksi dari Kapolri hari ini, serentak di seluruh Indonesia dilaksanakan penghijauan penanaman pohon mangrove  dalam rangka "Polri Peduli Penghijauan Pantai Dan Penguatan Ekonomi Masyarakat Pesisir",  kegiatan penanaman pohon Mangrove ini, berlokasi di Dusun Delod Pangkung, Ds. Budeng. Kec /Kab. Jembrana.

Kegiatan penanaman pohon mangrove dihadiri pula oleh Bupati Jembrana I Putu Artha, SE.MM, Dandim 1617 Jembrana yang di wakili oleh Ws Kasdim Kapten Chb Drs H Karyanto beserta  Forkopimda dan OPD Kab.Jembrana.

Dalam sambutan Kapolres Jembrana AKBP I Ketut Gede Adi Wibawa S.I.K menyampaikan "kegiatan ini merupakan program dari Bapak Kapolri serentak di seluruh Indonesia, di Jembrana kita menanam bibit manggrove berjumlah 2000 pohon yang diikuti oleh TNI-Polri dan seluruh elemen masyarakat Jembrana," ungkapnya.

Lanjut Kapolres "terkait dengan penanaman bibit mangrove ini di mana yang pertama dari sisi fisik bahwa pohon mangrove ini berakar banyak dan batang banyak, manfaatnya yaitu mampu mencegah bahaya tsunami ombak dan abrasi air laut, dan juga dari sisi ekologi bahwa pohon mangrove ini berfungsi sebagai filter air dan udara, dapat tumbuh pada kondisi tanah yang berlumpur, kemudian mangrove sebagai habitat tempat hidup dan berkembang biaknya berbagai jenis ikan biota laut lainnya. Kemudian dari sisi ekonomi mangrove menghasilkan kayu dan arang serta menghasilkan buah atau biji untuk dibuat berbagai pangan dan minuman," ungkapnya.

Kapolres berharap "semoga dengan kegiatan penanaman pohon ini, dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar secara khusus dan secara umum warga Kabupaten Jembrana dan pada kesempatan ini, kami berharap juga tidak hanya berhenti di sini, tidak hanya fokus menanam, namun kedepannya juga kita berupaya untuk merawat.

"Sekarang kita menanam Kemudian untuk kedepannya kita merawat, sehingga apa yang menjadi manfaat penanaman bibit mangrove dapat tercapai," tutup Kapolres Jembrana.(Agus/Hms.Jbr)