Iklan

Sabtu, 22 Februari 2020, Februari 22, 2020 WIB
Last Updated 2021-06-17T16:01:09Z
BaliBeritaJembrana

Cegah Banjir, Lurah Lelateng Ajak Warga Peduli Sampah

Peduli Rakyat News | Jembrana,- Permasalahan sampah merupakan hal yang sangat membutuhkan perhatian serius dari berbagai pihak dan warga sekitar. Karena untuk saat ini sampah masih menjadi persoalan yang mendapati kegagalan dalam hal penanganannya.

Padahal jika dilihat dari dampak yang pasti terjadi dalam masyarakat, jika penanggulangan sampah tidak ditangani dengan baik akan berimbas pada menurunnya kualitas kehidupan, keindahan lingkungan, potensi terjadi banjir akan lebih besar, apalagi posisi sampah tersebut dekat dengan sungai, karena tidak menutup kemungkinan sampah area tersebut akan menghalangi arus air sehingga terjadi bencana alam seperti banjir dan menurunnya kualitas kesehatan warga yang tinggal di sekitar area polusi sampah, seperti yang terjadi di Kelurahan Lelateng, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali. Jum'at (21/2).

Lurah kelurahan Lelateng I Made Santa Purwa, SH saat di jumpai di kediaman nya menjelaskan, "Bahwa akhir akhir ini di kelurahan Lelateng menjadi penampung sampah  kiriman dari daerah lain yang menjatuhkan citra lelateng baik melalui saluran irigasi ataupun oknum masyarakat diluar lelateng yang sengaja membuang sampah di wilayah lelateng, tetapi masyarakat tetap berusaha untuk ikut serta menanggulangi" terangnya.

"Masyarakat Lelateng khusunya di pesisir kali sudah sering kena dampak banjir  akibat sampah kiriman yang menumpuk di wilayahnya" tambah nya.

"Saya juga banyak berharap kepada setiap warga untuk bersinergi dan mendukung program pemerintah, dengan cara membuka kesadaran diri dalam hal perduli lingkungan, dengan membuang sampah pada tempatnya" harapnya mengakhiri.(Agus)