Iklan

Kamis, 06 Februari 2020, Februari 06, 2020 WIB
Last Updated 2020-02-06T04:05:28Z
Buleleng

Bupati Tanam 1000 Pohon Di Kawasan Hutan Lindung Desa

Peduli Rakyat News | Buleleng,- Dalam memelihara kepedulian terhadap lingkungan untuk melestarikan dan membawa keseimbangan serta keharmonisan bumi Bali dengan alamnya, Bupati Buleleng, I Putu Agus Suradnyana, ST, Kamis (6/2) melakukan kegiatan Gerakan Menanam Pohon di Kawasan Hutan Lindung, di Dusun Munduk Limo Desa Pangkung Paruk, Kecamatan Seririt, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali diikuti 1000 orang, diantaranya Ketua DPRD Buleleng (I Gede Supriatna, SH), Dandim 1609/Buleleng (Letkol Inf. Muhammad Windra Lisrianto.,S.E.,M.I.K.), Kajari Buleleng (Nur Chusniah SH.MH), Kapolres Buleleng (AKBP I Made Sinar Wibawa), Para Pimpinan SKPD Lingkup Pemkab Buleleng, Rektor Undiksha Singaraja (Prof. Dr. Nyoman Jampel), KRPH Seririt beserta seluruh Jajaran.

Adapun peserta Penanaman Pohon melibatkan TNI, Polri, Menwa, Ormas dan Warga Masyarakat, diawali Apel Pengecekan Peserta Penanaman Pohon.

Dalam sambutannya, Bupati Buleleng I Putu Agus Suradnyana, ST) mengatakan bahwa kegiatan penanaman pohon di kawasan register tanah kehutanan RT 19 yang terletak di wilayah administrasi Desa Panggung Baru Kecamatan Seririt merupakan sebagian besar wilayah di Indonesia atau bahkan di dunia Tengah menghadapi tekanan lingkungan yang semakin tinggi laju pertambahan penduduk perubahan pola hidup serta pola konsumsi telah menyebabkan sebagian besar daerah aliran sungai menurut fungsinya dalam menunjang kehidupan manusia. "Upaya-upaya penyelamatan lingkungan rehabilitasi hutan dan lahan melalui konservasi tanah dan air serta penanaman pohon sudah tidak dapat ditunda lagi ancaman lingkungan berupa kekeringan tanah longsor terbatasnya sumber mata air pemanasan global atau bahkan Banjir merupakan permasalahan yang semakin sering kita hadapi bersama. Hutan yang terpelihara dengan baik dan lahan yang ditumbuhi pepohonan dengan cukup akan berfungsi lindung bagi lahan di sekitarnyanya, untuk mengembalikan ekosistem penyangga kehidupan serta dalam rangka mewujudkan nangun sat kerthi Loka Bali", jelas Bupati Buleleng.

Bupati juga menghimbau kepada para tokoh agama, Pemuda dan tokoh masyarakat, LSM lingkungan, media massa serta seluruh komponen masyarakat saya mengimbau agar membantu mengedukasi masyarakat akan pentingnya memelihara lingkungan hutan dan alam di sekitar kita. "Sebagai pimpinan daerah saya mendukung dan mendorong upaya pelestarian lingkungan dalam berbagai bentuk dan saya menyampaikan apresiasi terhadap keberadaan kelompok tani hutan di desa Pangkung Paruk. Mari menanam pohon demi kelestarian lingkungan dan masa depan generasi bangsa semoga pikiran baik datang dari segala penjuru Semoga apa yang kita laksanakan bersama pada hari ini membawa keseimbangan dan keharmonisan bumi Bali dengan alamnya", harapnya.

Penanaman Pohon secara Simbolis oleh FKPD Daerah Buleleng, dilanjutkan Peninjauan Kawasan Hutan secara langsung oleh Para Pimpinan FKPD Buleleng beserta Rombongan, hingga seledai kegiatan berlangsung tertib, aman dan lancar.(Suar)