Iklan

Minggu, 26 Januari 2020, Januari 26, 2020 WIB
Last Updated 2021-06-17T16:06:56Z
BeritaJatimProbolinggoTerkini

WALI KOTA TINJAU JALAN BERLUMPUR, SEGERA BUKA AKSES JALAN

Peduli Rakyat News | Probolinggo,- Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin meninjau jalan berlumpur yang sempat viral di media sosial (medsos) beberapa waktu lalu, di Jalan Bambu, RT 1 RW 1 Kelurahan Kareng Lor, Kecamatan Kedopok. Saat ini, di jalan tersebut masih dilakukan pembersihan menggunakan alat berat eksavator.

Jalan lingkungan itu sempat menjadi perhatian masyarakat setelah seseorang meng-unggah di medsos. Diketahui, bahwa jalan itu sebenarnya sudah beraspal. Namun ketika hujan, kondisi jalan yang lebih rendah akan terendam lumpur yang meluap dari ladang/sawah yang posisinya lebih tinggi. Endapan lumpur mencapai sekitar 40 cm.
Jalannya dibaguskan, Pak Wali,” cetus salah seorang warga yang bertemu Wali Kota Habib Hadi di lokasi, Kamis (23/1) siang. 

“Ya, akan kita carikan solusi agar tidak terjadi (endapan lumpur) lagi. Ini akan menjadi jalan tembus,” jawab Wali Kota Habib Hadi, sembari menunjuk ke arah ladang yang ada di sisi utara.

Pasalnya, ladang tersebut merupakan milik pengairan yang beralih fungsi menjadi lahan pertanian. Untuk itu, dengan kekompakan dan rasa empati warga, masyarakat menyadari pentingnya jalan tembus tersebut.”Insyaallah mudah-mudahan dengan kekompakan warga ini bisa terwujud,” imbuhnya.

Edi Susanto dari Dinas PUPR dan Perkim yang ditemui di lokasi menyebutkan, bahwa saat ini pembersihan baru bisa dilakukan karena pihaknya baru melakukan rembug warga terkait solusi di Jalan Bambu itu.

“Akhirnya warga kompak memutuskan ada jalan baru itu. Sebenarnya ini bukan banjir tapi luapan dari lahan pertanian yang ada di kanan kiri jalan. Sedikit air yang masuk ke jalan ini karena sudah ada pembuangan di area tol,” jelasnya.
Kepada Kepala Dinas PUPR dan Perkim Agus Hartadi, Habib Hadi meminta pembersihan segera diselesaikan dan menindaklanjuti rencana jalan tembus di lingkungan yang berbatasan dengan Kelurahan Sumber Wetan itu.

“Pak Lurah segera dicatat dan dikumpulkan warganya, nanti insyaallah saya akan hadir. Pelebaran jalan bila diperlukan segera dilaksanakan,” kata wali kota kepada Lurah Kareng Lor. Sidak siang itu juga dihadiri Camat Kedopok Imam Cahyadi.

Menanggapi solusi tersebut, warga menyambut baik rencana wali kota untuk memperbaiki, memperlebar dan membuat jalan tembus. “Nanti rencananya mau di aspal sama Pak Wali, lalu diplengseng juga,” kata Ketua RT, Neman. 
Reporter.(Saiful Mustofa)