Iklan

Rabu, 01 Januari 2020, Januari 01, 2020 WIB
Last Updated 2021-06-17T16:11:58Z
BeritaJatimJemberTerkini

Reaksi Cepat Bupati Faida atas Kejadian Luar Biasa (KLB) Ratusan Warga Jember Keracunan Ikan Tongkol


Peduli Rakyat News | Jember,- Reaksi cepat Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR terkait kejadian luar biasa (KLB) ratusan wargasi Jember keracunan ikan tongkol saat merayakan pergantian Malam Tahun Baru 2020 , yang saat ini , Rabu 01-01-2020 korbannya bertambah.

Dimana sebelumnya 119 orang, kini bertambah menjadi korban 199 orang. Yang terdiri dari 8 puskesmas yang berada dikabupaten  .Ciri-ciri keracunan Ikan tongkol yang dibakar saat merayakan pergantian tahun adalah warga mengalami, pusing, gatal-gatal, mual, nyeri di perut dan mual.

“Ini sudah KLB (Kejadian Luar Biasa,red), karena jumlah korbannya mbludak, sore ini ada tambahan 80 orang, dimana 9 orang harus mendapatkan perawatan lanjutan,” ujar Bupati Jember dr. Faida MMR, kepada sejumlah media dipendopo Wahyawibawagraha.


Data tambahan yang terbaru dari jumlahnya sebelumnya yaitu di Gladak Pakem 5 kasus, Karangduren 3 kasus, Curahnongko 1 kasus, Sabrang 2 kasus, Ledokombo 4 kasus, Cakru  13 kasus, Kemuningsari kidul 3 kasus, dan Mayang 20 kasus.

Bupati Faida mengatakan bahwa dirinya telah perintahkan kepada Dinas kesehatan, guna memantau perkembangan korban keracunan ikan tongkol ini hingga sembuh dan selanjutnya melakukan pengambilan sampel ikan guna mengetahui penyebab keracunan ini. Sehingga nantinya bisa jelas penyebabnya dan bisa di sosialisasi kan ke masyarakat.

"Saya sudah memerintahkan kepala Dinkes untuk memantau perkembangan warga yang menjadi korban keracunan dan memberikan pengobatan sampai sembuh dan melakukan penyelidikan untuk mencari dugaan penyebab keracunan," tegas Bupati Faida .(nuir)