Iklan

Selasa, 21 Januari 2020, Januari 21, 2020 WIB
Last Updated 2021-06-17T16:06:56Z
BeritaJatimJemberTerkini

Pembukaan Rapat Kerja PD PDMI Kabupaten Jember masa bakti 2019-2021 Berlangsung Di Pendapa Wahyawibawagraha

Peduli Rakyat News | Jember,- Wakil Bupati Jember, Drs. KH. A. Muqit Arief dan Pimpinan Daerah Pengurus Dewan Masjid Indonesia ( PD PDMI) Kabupaten Jember bertemu di Pendapa Wahyawibawagraha, Selasa, 21 Januari 2020 dalam acara Pembukaan Rapat Kerja PD PDMI Kabupaten Jember masa bakti 2019-2021.

Wabup Muqit Arief mengatakan, Kabupaten Jember disebut juga Bumi Pandhalungan memiliki sekian banyak masjid, beberapa diantaranya tampak bagus. Bagus dari segi fisik dan manajemen masjidnya. Sementara itu, tidak sedikit juga masjid di Bumi Pandhalungan ini dengan kondisi sebaliknya, walaupun di masjid itu ada takmirnya.

Oleh sebab itu, menurut Wabup Muqit Arief, seyogyanya pengurus antar-masjid berkoordinasi dan menjalin kerja sama. "Mengapa tidak. Pengurus masjid yang bagus dan takmirnya bekerjasama dengan masjid yang tertinggal untuk memajukan masjid,” kata wabup. Hal ini disampikan wabup di hadapan puluhan takmir masjid yang tergabung dalam (PD PDMI) Kabupaten Jember.

Wabup Muqit Arief yakin bahwa dengan koordinasi dan kerjasama itu, bakal bisa memberikan dampak yang signifikan terhadap kemajuan masjid yang ada di Kabupaten Jember.

“Apabila masjid bisa berkoordinasi satu sama lain dan bersinergi, maka kita bisa berharap ini menjadi sesuatu yang luar biasa,” ungkap wabup.

Wabup Muqit Arief mengatyakan, hal yang luar biasa dari koordinasi dan kerja sama antarmasjid tersebut diantaranya adalah mampu membuat masjid sebagai pengikat kebersamaan umat. Wabup juga berharap rapat kerja PD PDMI Kabupaten Jember saat ini menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat dan kemakmuran masjid.

Menurut wabup, Masjid tidak hanya berfungsi untuk sholat dan tadarus saja, melainkan Masjid juga berfungsi untuk pemberdayaan masyarakat.

“Peran masjid sangat besar untuk difungsikan sebagai penggerak kegiatan  keummatan,” tandas wabup yang juga pengasuh Pondok Pesantren Al-Falah yang ada di Kecamatan Silo ini.

Ketua Dewan Masjid Indonesia, Drs. H. Hawari Hamim, M.Pd, dalam kesempatan itu juga menyampaikan, menjadi tugas insan masjid untuk memakmurkan masjid berkaitan dengan tugas keorganisasian dan sisi lainnya.

“Tugas dewan masjid memegang amanah untuk memakmurkan masjid ke depan. Saat ini dewan masjid memiliki peran yang strategis membangun sumber daya manusia dalam konteks hablumminallah dan hablumminannas,"ujar Hawari Hamim.

"Kita ingin menjadikan Masjid sebagai idola atau ikon masyarakat Jember,"pungkas Hawari Hamim. (niur)