Iklan

Minggu, 26 Januari 2020, Januari 26, 2020 WIB
Last Updated 2020-01-27T12:31:58Z
Jember

Bupati Jember Bersama Wakil Bupati Mimika Tandatangani Prasasti Peresmian Kantor Sekretariat PKJM di Mimika Papua


Peduli Rakyat News | Papua,- Dalam kunjungannya ke Papua, Bupati Jember, dr. Faida MMR,. bersama Forkompinda Jember, diantaranya Letkol La Ode MN (Dandim 0824/Jember, dan Let. Kol Arief Munawar (Kasbrig IX), juga ada ketua Koni, Abdul Haris Alvianto ikut dalam rombongan tersebut.

Di Papua, salah satu tujuan kunjungan yang dilakukan Bupati Faida adalah megunjungi warga Jember yang tinggal di Papua. Didalamnya ada agenda yang telah disiapkan oleh panitia yaitu meresmikan kantor sekretariat PKJM di Mimika.

Dari data yang ada, di Papua, warga asal Jember tersebar di tiga Kabupaten. Kabupaten pertama yaitu Mimika, Jayapura dan Keerom. Dari kesemuanya itu, mereka (warga jember.red)  tergabung dalam Paguyuban Keluarga Jember di Kabupaten Mimika (PKJM).

Kilas balik dari PKJM ini, lahir sejak tahun 2016 dan dapat berbaur dengan baik bersama-sama paguyuban lain di tanah Papua. Sebelumnya, pada tanggal 6 November 2019 kemarin, mereka datang ke Jember dan ditemui langsung oleh Bupati Faida dipendopo Wahyawibawagraha dengan tujuan mengundang bupati agar berkenan hadir ke Mimika untuk menghadiri serangkaian acara tersebut.


Dalam kesempatan itu, Bupati Faida menyatakan sangat senang sekali karena warga Jember yang ada di Mimika menjadi warga yang baik. Jadi bagian yang aktif dalam pembangunan bersama pemerintah daerah setempat” ucapnya bangga, bisa membawa harum nama Jember.

“ Hari ini kita ada di Mimika bertemu dengan 700 KK Jember yang ada di sini dan saya sangat senang sekali karena warga Jember  yang berada disini menjadi warga yang baik" , ujar Bupati Faida.

Selanjutnya, Bupati Faida dan Bupati Mimika yang diwakili oleh wakilnya Johanes Retto, menandatangani prasasti peresmian PKJM dan melantik kepengurusan PKJM untuk periode 2020-2023 yang diketuai oleh Rahman.

Bupati Faida berharap dengan diresmikannya sekreatriat PKJM yang lokasinya masih satu kawasan dengan paguyuban lainnya ini dapat rumah menyambung tali silaturahim dan dapat menjadi rumah untuk usaha bersama antara Jember dan Mimika.


“Mereka guyub dengan paguyuban-paguyuban lainnya. Benar-benar menjaga NKRI,  produk-produk Jember dibawa ke Mimika dan produk Mimika ditukar di Jember untuk kesuksesan bersama” ujar Bupati Faida bersemangat.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob mengatakan bahwa, dengan dilantiknya pengurus PKJM pada hari ini (25-01-2020) semakin semangat bersama pemerintah, bersama semua masyarakat Mimika yang begitu beragam membangun kabupaten  Mimika secara bersama-sama.

Wabup Johanes Retto berharap, seluruh masyarakat Jember dapat hidup dengan aman bersama-sama dengan masyarakat disini. Partisipasi masyarakat dari Jember sangat saya harapkan untuk membangun dan menciptakan peluang-peluang ekonomi yang baru.

"Di sini, banyak sekali pendatang dari luar Papua dan warga asal Jember tidak pernah berkonflik dengan masyarakat setempat", pungkas Wabup Johanes Retto. (*)