Iklan

Sabtu, 21 Desember 2019, Desember 21, 2019 WIB
Last Updated 2021-06-17T15:44:09Z
BeritaJember

TP PKK Sumberbaru Gelar Bhakti Sosial , Peduli Duafa dan Fakir Miskin

 Jember-Jawatimur-PRN:Tim Penggerak (TP) PKK Kecamatan Sumberbaru, Sabtu 21 Desember 2019 memberikan bantuan sembako kepada masyarakat yang kurang mampu. Haal tersebut adalah bukti wujud kepedulian terhadap sesama yang membutuhkan .

Gelaran bhakti sosial ini adalah semangat menyambut Hari Ibu, yang diperingati setiap tanggal 22 Desember 2019 ini, dalam kegiatan ini akan berlangsung hingga beberapa hari kedepan dan juga disertai bantuan lain dalam bentuk pendataan adminduk , pengupayaan kepesertaan BPJS dan lain-lainnya yang menyangkut tentang kebutuhan warga yang tidak mampu dan membutuhkan.


Kegiatan mulia ini dipimpin langsung oleh Ibu Bern Rien sebagai Ketua TP PKK Kecamatan Sumberbaru, selain sebagai wujud peduli sosial, gelar kegiatan ini, menurutnya merupakan tindaklanjut dari imbauan dari Bupati Jember, dr. Faida. MMR. 

Menurut Ibu Bern Rien beliau, Bupati Faida pada setiap kesempatan selalu mengajak dan mengimbau seluruh masyarakat, utamanya kalangan pegawai, untuk memperhatikan dan membantu warga sekitarnya yang butuh bantuan.

. “Ini salah satu implementasi seperti yang disampaikan ibu bupati, bahwa kita harus memperhatikan kaum dhuafa yang ada di wilayah kita,” kata Ibu Bern Rien, usai menyerahkan bantuan kepada warga tidak mampu di daerah Pakeman, Dusun Krajan, Desa Pringgowirawan, Kecamatan Sumberbaru.

Dari semangat Bupati Faida itulah, TP PKK Kecamatan bersama PKK Desa se Kecamatan Sumberbaru, berinisiatif untuk menggelar kegiatan bhakti sosial ini guna membantu beban kalangan dhuafa dan fakir miskin. Untuk hari ini ada 10 titik yang menjadi sasaran dari kegiatan sosial ini.


Pada acara bhakti sosial TP PKK Kecamatan Sumberbaru ini juga diisi dengan pemeriksaan kesehatan, yaitu petugas kesehatan tengah memeriksa kondisi kesehatan ibu Wagira, warga Dusun Krajan Kidul, Desa Yosorati, Kecamatan Sumberbaru setelah menjalani operasi kanker. Pemeriksaan kesehatan lainnya pada salah anak yang cacak sejak sejak lahir yaitu tidak mempunyai tulang leher. 

“Karena situasi dan kondisi, untuk hari ini kita baru bisa melaksanakan di lima desa. Sisanya, Inshaa Alloh besuk, Minggu 22 Desember 2019 ,” jelas Ibu Bern Rien.

Ibu Bern Rien lebih lanjut menjelaskan, selain memberikan bantuan ini, kami mendata para janda yang belum dapat bantuan dari pemerintah. Baik bantuan Kartu Indonesia Sehat (KIS), BPJS, maupun bantuan rastrada.

Untuk ke depannya, rencana para janda dan lansia akan diupayakan untuk mendapatkan bantuan sesuai yang dibutuhkan. Warga penerima bantuan sosial ini, sangat senang dan bangga sekali, seperti yang dikatakan Nenek Tija (80) dan anaknya yang kesehariannya bekerja sebagai buruh tani.

“Kauleh seneng, mator kaso’on dek sedejenah, otamanah dek buk camat (Saya senang, terimakasih kepada semuanya, terutama Bu Camat,” ucap Nenek Tija, yang kesehariannya tinggal bersama anaknya.

Tim TP PKK Kecamatan Sumberbaru bertekad akan berusaha semaksimal mungkin secara kontingu untuk membantu dan mendata masyarakat yang tidak mampu dari segala aspek kebutuhan dan juga program-program bantuan dari pemerintah agar tepat sasaran (timkuro)