PWI Pusat Mengundang Khusus Bupati Faida , Di nilai Sebagai Pemimpin Visioner


Peduli Rakyat News | DKI Jakarta,- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat , mengundang khusus Bupati Jember , dr Hj. faida MMR , untuk memaparkan konsep pembangunannya diauditorium Adhiyana Wisma Antara Jakarta, Rabu 18 Desember 2019 . Dari sekian banyak pemimpin daerah di republik ini, Bupati Faida terpilih sebagai salah satu bupati yang dinilai visioner dalam membangun wilayahnya. Hal itulah yang menjadi kriteria khusus PWI Pusat mengundangan Bupati Faida dan sebagai masyarakat Jember , wajib berbangga akan hal itu .

Bupati Faida yang datang ke Jakarta atas undangan PWI Pusat ini , diminta khusus menginspirasi pemimpin daerah lainnya di Indonesia, supaya bisa menyiapkan Indonesia Emas di tahun 2045 nanti. PWI pusat ternyata sudah lama memantau Bupati Faida dengan gaya kepemimpinan berintegritasnya , karena saat ini sengaja mengundangnya.

Seperti yang disampaikan Ketua PWI Pusat, Atal Sembiring Depari, yang menyebut bahwa PWI sengaja mengundang kepala daerah visioner yang inspiratif. "Mereka orang-orang hebat, termasuk Ibu Bupati Jember," katanya.


 Diacara ini , selain Bupati Faida yang diundang panel jadi pemateri seminar bertajuk "Mimpi Tokoh Muda untuk Indonesia 2024", Walikota Batu Dewanti Rumpoko juga duduk sejajar dengan Bupati Jember. Juga ada Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim dan Penetiliti LIPI Andriana Elisabeth, dengan dipandu oleh mantan preserter TV One : Tina Talisa para tokoh pimpinan daerah ini berdiskusi di forumnya wartawan nasional .

Bupati Faida, menyampaikan kunci pertama seorang pemimpin yang diperlukan bangsa, ialah leader yang berani mengambil sikap jujur berani melawan korupsi yang disebutnya Tegak Lurus. "Kami pun terus berjuang melakukan reformasi birokrasi di Jember," katanya.


Bupati Faida mengatakan, pelayanan tanpa pungli menjadi prioritas untuk mewujudkan performa terbaik bagi masyarakat. Supaya tak ada pungli di Jember, akar permasalahnya pun dicabutnya. "Open bidding kami pilih, supaya tidak pernah ada transaksi jual beli jabatan di Jember," tegasnya.

Jika misalnya ditemukan pejabat nakal, tak segan Bupati Faida langsung mencopotnya. Dia pun blak-blakan mengakui, tak jarang melantik pejabat meski harus satu atau dua orang, yang perlu diambil sumpah jabatannya untuk menggantikan pejabat nakal di Jember.

Dibidang pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) di Jember, Bupati Faida memfokuskan pendidikan gratis pada semua anak di Jember. Termasuk menjamin biaya kuliah (beasiswa) untuk mahasiswa ber-KTP Jember. "Janji kampanye kami 5 ribu beasiswa untuk 5 tahun. Namun belum 4 tahun menjabat, tembus lebih 10 ribu beasiswa untuk mahasiswa di Jember," ungkapnya.



Juga untuk soal anti pungli dan korupsi. Semua guru di Jember, dilarang keras melakukan pungutan atas alasan apa pun. Namun demikian, semua biaya pendidikan yang digratiskan bupati, sudah disiapkan anggaran Pemkab Jember. "Tegas kami larang, tak boleh lagi ada pungutan SPP, tarikan daftar ulang dan uang gedung. Sebab Pemkab Jember sudah menanggungnya," katanya.

Belum lagi bagi siswa anak yatim piatu dan duafa. Berangkat sekolah dari rumahnya yang jauh, Bupati Faida juga menyiapkan voucher transportasi gratis yang bisa dimanfaatkan untuk naik angkot, angkutan perdesaan hingga ojek. "Target kami, tidak ada putus sekolah di Jember," imbuhnya.

Juga terkait dengan persoalan jaminan kesehatan yang dikaver Pemkab Jember. Katanya, tak boleh ada lagi pernyataan "Masyarakat Miskin Dilarang Sakit". Terlebih, Pemkab Jember sudah menyiapkan BPJS Kesehatan untuk masyarakat miskin. Sedangkan warga miskin yang kelewat BPJS Kesehatan, pihaknya masih menyediakan program SPM (Surat Pernyataan Miskin).

Infrastruktur pendukung jaminan kesehatan lain, juga tak kalah jadi prioritas Bupati Faida. Bahkan, semua desa dan lurah yang jumlahnya 248 se-Jember, sudah memiliki ambulans gratis. Semua Puskesmas, Puskesmas Pembantu, sampai pos kesehatan di masing-masing desa juga sudah direbilitasi secara bertahap. "Sebagian besar sudah kami realisasikan," ungkapnya.

Dalam kesempatan itu juga, bupati Faida juga menyampaikkan pembangunan prioritas lainnya . Dan diakhir penyampainnya Bupati Faida pun mengundang PWI Pusat, berkunjung ke Jember untuk ikut menyaksikan langsung ikhtiyar pembangunan yang dilakukannya di Jember.

Posting Komentar

0 Komentar