Iklan

Redaksi
Jumat, 06 Desember 2019, Desember 06, 2019 WIB
Last Updated 2021-06-17T16:01:09Z
BaliBeritaJembrana

Pelantikan Dan Pengambilan Sumpah Jabatan Perbekel Terpilih se-Kabupaten Jembrana Masa Jabatan 2019-2025 Di GOR Kresna Jvara


Peduli Rakyat | Jembrana - Suasana yang di tunggu paska Pemilihan Perbekel serentak di kabupaten Jembrana 23 September 2019 lalu, dan Hari ini telah dilaksanakan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Perbekel Terpilih se-Kabupaten Jembrana Masa Jabatan 2019-2025, oleh Bupati Kab.Jembrana I Putu Artha di GOR Kresna Jvara Lingkungan Sawe, Kelurahan Dauhwaru, Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana-Bali, Jumat (6/12).

Tampak hadirWakil Bupati Kab. Jembrana I Made Kembang Hartawan, beserta Ibu, Dandim 1617/Jembrana Letkol Kav. Djefri Marsono Hanok, Kapolres Jembrana diwakili Waka Polres Jembrana Kompol Supriadi Rahman, Kajari Jembrana diwakili oleh Kasi Intel Kejari Jembrana I Gusti Ngurah Sumardika, Anggota DPRD Provinsi Bali Dapil Kab.Jembrana dari fraksi PDIP I Ketut Sugiasa, Ketua DPRD Kab.Jembrana Ni Sri Sutarmi, beserta anggotanya, Ketua Pengadilan Negeri Negara,Sekda Kab.Jembrana serta Ratusan Pejabat penting Daerah dan perangkat Desa se-Jembrana.

Pembacaan surat keputusan Bupati Jembrana yang di bacakan Kadis PMD Kab. Jembrana Drs. I Gede Sujana, Keputusan Bupati Jembrana Nomor : 592 /DPMD/2019 tentang Pemberhentian Perbekel dan Pejabat Perbekel se-Kabupaten Jembrana tahun 2019, Keputusan (2) Bupati Jembrana Nomor : 528 /DPMD/2019 tentang Pengesahan dan Pengangkatan Calon Perbekel Terpilih Masa Jabatan 2019-2025. Sebanyak 35 perbekel terpilih.

Lanjut, Pembacaan Sumpah/Janji Jabatan oleh Bupati Jembrana kepada Perbekel terpilih yang disaksikan oleh Para Rohaniawan, dilanjutkan Penandatanganan pelantikan Perbekel terpilih yang disaksikan Bupati Jembrana, Ketua KPU dan Camat Se-Kab.Jembrana, serta Pembacaan Tata Pelantikan Perbekel Terpilih oleh Bupati Jembrana dan Penyematan lencana Jabatan oleh Bupati Jembrana kepada Perbekel Terpilih.

Kesempatan kali ini, Bupati Jembrana mengatakan, Pemilihan Perbekel yang telah dilaksanakan pada tanggal 23 September 2019 merupakan amanat dari Peraturan Perundang-Undangan yang harus dilaksanakan untuk mewujudkan proses demokrasi di tingkat Desa secara langsung umum, bebas dan rahasia. 

"Mengingatkan kepada Perbekel yang baru dilantik agar menjamin tata kelola pemerintahan desa yang akan dipimpin 6 tahun kedepan dapat berjalan baik, akuntabel, transparan, selaras dan terarah guna mewujudkan program-program pembangunan pemerintah dan pemberdayaan masyarakat yang berdaya guna dan berhasil guna, saudara harus mempunyai keinginan yang kuat untuk memajukan Desa. Bung Karno pernah mengatakan bahwa "jika kita memiliki keinginan yang kuat dari dalam hati maka seluruh alam semesta akan bahu-membahu mewujudkan nya" harapnya.

"Untuk mewujudkan hal tersebut perlu saudara bekerja dengan cerdas bekerja dengan tuntas dan bekerjalah dengan ikhlas, disamping itu untuk mendukung upaya pemberdayaan masyarakat dan pembangunan desa saudara harus senantiasa berupaya melakukan penguatan kelembagaan melalui suatu sistem dan metode yang tepat, terarah dan terpadu serta berkelanjutan dan juga merangsang tumbuhnya partisipasi dan Swadaya gotong royong masyarakat" pungkasnya.

Bupati Jembrana juga Mengingatkan kepada para Perbekel yang baru dilantik untuk mempedomani dan melaksanakan tugas dan kewajiban saudara sebagai Perbekel serta memenuhi larangan-larangan sebagaimana diatur ketentuan pasal 29 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa.

"Pengelolaan Dana Desa saat ini tengah menjadi perhatian serius dari berbagai pihak oleh karena itu program-program agar diformulasikan dan dilaksanakan sesuai dengan aturan pedoman maupun petunjuk yang ada sehingga semua kegiatan dilaksanakan di desa tidak menimbulkan permasalahan hukum di kemudian hari, sering-seringlah saudara melakukan melaksanakan konsultasi dan koordinasi dengan perangkat daerah maupun instansi lainnya Jika kegiatan yang saudara laksanakan masih meragukan dan diduga berpotensi melanggar hukum, sebagai upaya menghindarkan Pemerintah desa dari praktik praktik kolusi, korupsi dan nepotisme serta pelanggaran hukum lainnya" tambahnya.
[6/12 13.15] Agus Warta9: Bupati juga Mengharapkan peran instansi terkait yang mempunyai fungsi pembinaan pengawasan dan pemeriksaan agar secara bersama-sama dan bersinergi melakukan pembinaan mengarahkan dan mengawasi penyelenggaraan pemerintah Desa.

Jargon pembangunan Kabupaten Jembrana adalah membangun dari Desa dan Kelurahan hal ini senafas dengan Nawacita atau 9 Agenda Prioritas dari bapak Presiden RI Bapak Ir. Joko Widodo pada periode pertama terutama point ketiga yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan. Sejalan dengan jargon tersebut diharapkan seluruh Perbekel mempunyai program-program yang selaras dengan program pembangunan Kabupaten Jembrana dan juga selaras dengan pola pembangunan semesta berencana Provinsi Bali yaitu Nangun Sat Kerthi Loka Bali mewujudkan Bali Era Baru.

"Galilah potensi yang ada di masing-masing Desa, kembangkan potensi tersebut agar bisa menjadi sumber pendapatan asli Desa, gunakan anggaran Desa yang ada baik Alokasi Dana Desa maupun sumber pendanaan lainnya yang diterima desa dengan sebaik-baiknya, prioritaskan pembangunan infrastruktur yang berorientasi manfaat peningkatan sumber daya manusia tingkat kebutuhan masyarakat dalam perencanaan pembangunan di Desa bukan berdasarkan keinginan semata baik keinginan saudara maupun keinginan pendukung saudara tetapi harus berdasarkan atas kebutuhan masyarakat desa itu sendiri. Untuk itu saudara harus mampu berkomunikasi berkoordinasi dengan para stakeholder dan lembaga lainnya di desa seperti Bendesa, DPD, LPM, Karang Taruna, Kelurahan, Dusun, tokoh masyarakat lainnya, lakukan pula rekonsiliasi politik dengan semua pihak yang pada saat pemilihan perbekalan ikut berkompetisi dengan saudara, mulailah bersatu dan bekerja sama membangun desa menuju kearah yang lebih baik" ujarnya.

"Kepada Perbekel yang baru dilantik, diucapkan selamat melaksanakan tugas semoga saudara mampu mengemban tugas sebagai berbekel dengan sebaik-baiknya" tutupnya
 
Hingga berita ini di turunkan, acara pelantikan serta pengambilan sumpah hingga usai berjalan dengan lancar tertib dan aman. (Agus)