Iklan

Jumat, 06 Desember 2019, Desember 06, 2019 WIB
Last Updated 2021-06-17T16:11:58Z
BeritaJatimJember

Jelang Tutup Tahun Sidak Pasar Tradisional Akan Dilakukan Oleh Tim Satgas Pangan Kabupaten Jember


Peduli Rakyat News | Jember,- Satgas Pangan Kabupaten Jember yang terdiri dari Kepolisian, Kejaksaan, Dinas ketahanan pangan dan peternakan, Dinas tanaman pangan holtikultura dan perkebunan, Dinas perindustrian dan perdagangan, abulog dan Biro Pusat Statistik, menghadapi tutup tahun 2019 ini , merencanakan akan melakukan sidak di sejumlah wilayah Kabupaten Jember.

Tujuan sidak itu dilakukan adalah untuk memantau ketersediaan pangan dan harga  sembako di pasaran.
Menurut Kasi Ketersediaan dan Distribusi Pangan, Diana Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Jember Ir.Muhammad Mui , sidak ini merupakan agenda tahununan rutin Satgas Pangan Kabupaten Jember, terutama saat mendekati perayaan hari besar agama seperti lebaran dan natal, Jum'at 06 Desember 2019.

Muhammad Mui mengatakan, biasanya saat mendekati lebaran dan natal, harga sembako terus bergerak naik, karena itu Satgas Pangan Jember berusaha untuk menyetabilkan harga agar tidak terjadi kepanikan masyarakat.

"Di bulan ini Satgas Pangan Kabupaten Jember akan turun ke pasar tradisional, seperti Pasar Tanjung, Kreongan, Wirolegi, Mangli dan Tegalbesar."jelas Muhammad Mui.

Salah seorang pedagang ayam di Pasar Tanjung Refi mengatakan, memang semenjak awal Desember ini harga ayam boiler atau potong cenderung mengalami kenaikan.

"Harga ayam potong semula Rp.30.000 kini harganya melonjak setiap hari ada kenaikan Rp.1000, hal ini dikarenakan karena permintaan masyarakat akan kebutuhan ayam potong cukup tinggi."ujar Refi kepada wartawan.

Bu Rudi juga mengatakan hal yang sama , pedagang telur ayam di Pasar Tanjung ini menegaskan harga telur mengalami hal yang sama, awalnya harga telur ayam dari Rp.22.000 per Kg, sampai hari ini harganya Rp.22.500.
(Nunung Irawan)