Iklan

Redaksi
Selasa, 10 Desember 2019, Desember 10, 2019 WIB
Last Updated 2019-12-10T07:11:02Z
Lumajang

Dinas Perumahan dan Pemukiman gelar Lokarkarya Evaluasi Penanganan Kumuh


Peduli rakyat News Lumajang -- Bertempat di Istana Kuliner diadakan kegiayan Lokakarya Evaluasi penangganan kumuh  di kabupaten Lumajang, Selasa ( 10/12/2019 ).


Kepala Bidang Kawasan pemukiman Aris Pidekso, ST,MT, menyampaikan bahwa rencana akan di buka oleh sekda Lumajang, akan tetapi kareaba ada sesuatu hal tidak dapat hadir , dan beliau memberikan sambutan tertulis diantaranya pemukiman kawasan  kumuh di perkotaan menjadi tantangan agar nantinya tercipta hunian yang sehat.

Masalah penangganan kumuh pada pemukiman harus menjadi kota layak huni, untuk Pencegahan dan menghindari tumbuh dan perkembangan kawasan  baru yg kumuh perlu adanya peningkatan kualitas sumber daya manusianya.

Tujuan lokakarya evaluasi penangganan kawasan kumuh untuk mensosialisasikan, mengevaluasi , sehingga dapat membangun kawasan kumuh bisa lebih baik dan nyaman untuk sebagai hunian yang bersih dan tertata dengan baik.

Aris Pidekso menyampaikan bahwa salah satu sinergritas program bagaimana kawasan kumuh bisa berkerja sama dengan OPD untuk menciptakan tata ruang yang bisa memberikan nilai positif bagi masyarakat kota. 

Masyarakat kota miskin sebenarnya lebih baik dari masyarakat miskin pedesaan karena di desa  bisa mempuyai  alternatif ruang untuk melakukan usaha pemanfaatan perkarangan, sedangkan diperkotaan ruang atau halaman sangat kecil .

Untuk itu segala persoalan seperti
Aspek sosial ekonomi, Aspek kesehatan  yang identik kawasan kumuh dengan kemiskinann salah satu indikatornya seperti jalan lingkungan ,drainase lingkungan, perlu kerja sama dengan masyarakat bukan hanya pemerintah daerah saja," tuturnya.

Beliau nanti juga akan berkoordinasi dengan pemkab Lumajang bagaimana peran aktif masyarakat RT,RW,BKM, untuk mempuyai inovasi dan inisiatif untuk menuju kota yang bersih dan sehat, dengan memevaluasi memberikan reword agar masyarakat bisa lebih bersemangat.

Kegiatan ini dihadiri oleh narasumber diantaranya Iwan Setiawan Kepala bagian ekonomi Setda Lumajang,Markus Aprino Dosen dosen fakultas ekonomi dan bisnis UNEJ, dan beberapa Narasumber yang berhubungan dengan kawasan kumuh. ( Eko ).