n Wabup Muqit Arief Salurkan KIS di Kecamatan Silo - Peduli Rakyat News

Wabup Muqit Arief Salurkan KIS di Kecamatan Silo


Pedulirakyat News | Jember - Wakil Bupati Jember Drs. KH. Abdul Muqit Arief , kembali menyalurkan Kartu Indonesia Sehat (KIS) . Kali ini , penyaluran itu bertempat di Ponpes Mambaul Ulum 2 Desa Pace, Kecamatan Silo .

Untuk jumlah kartu yang disalurkan pada sesi keempat ini tercatat paling banyak , hingga 11.591 kepala keluarga . Ribuan warga ini meliputi dari tiga Kecamatan yaitu Silo , Mayang dan Ledokombo .

Wabup Muqit Arief menyampaikan pesan kepada penerima KIS yang hadir tentang pentingnya KIS , menjaga kesehatan dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) .


Wabup Muqit Arief menerangkan bahwa untuk KIS ini merupakan jaminan pelayanan kesehatan dari pemerintah pusat untuk masyarakat yang tidak mampu .

“ Agar masyarakat yang mempunyai kartu KIS tidak usah memikirkan biaya bila sakit , karena sudah dibiayai pemerintah , ” jelas Wabup Muqit Arief , Selasa 12 November 2019 .

Namun demikian , pemilik KIS harus selalu menjaga kesehatan . Jangan sampai sakit , karena pasti keadaan sakit itu tidak menyenangkan .

Menjaga kesehatan adalah dengan menjalankan pola hidup sehat . Pola hidup sehat itu seperti  mengonsumsi makanat sehat dan menjaga lingkungan agar tetap sehat . Pada kesempatan itu , Wabup Muqit Arief juga menjelaskan adanya pelayanan pengurusan dokumen administrasi kependudukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) .

Pelayanan layanan Dispendukcapil ini dilaksanakan besok , pada Rabu  13 November 2019 , di Kecamatan Silo . Ini dilakukan karena kepemilikan KTP elektronik atau KTP-el oleh warga Silo masih rendah .

“ Jadi untuk masyarakat yang belum memiliki KTP-el dapat diurusi di tempat pelayanan tersebut dan langsung jadi , ” jelas Wabup Muqit Arief .

KTP merupakan bentuk identitas warga . Kartu ini sangat penting untuk dimiliki setiap warga . Salah satu manfaatnya adalah memudahkan untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah .

“ Seperti adanya bantuan KIS ini , masyarakat dapat dipermudah jika memiliki KTP dalam pengurusannya , ” kata Wabup Muqit Arief .

Dalam kesempatan itu , Wahyu Setyo H. S.KM,M.Si sebagai Plt. Kepala Dinas Sosial melaporkan , untuk penyaluran KIS kali ini di Kecamatan Silo sebanyak 4.929 kepala keluarga (KK) , Kecamatan Mayang  sebanyak 2.739 KK dan Kecamatan Ledokombo 3.923 KK .

“ Jadi , keseluruhan diserahkan KIS untuk 11.591 KK di tiga kecamatan , " pungkas Wahyu Setyo . (Nunung)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.