n KM Bintang Jaya VI Terbakar, 10 Awak Kapal Di Evakuasi Basarnas - Peduli Rakyat News

KM Bintang Jaya VI Terbakar, 10 Awak Kapal Di Evakuasi Basarnas


Pedulirakyat |Buleleng - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) melakukan penjemputan dan evakuasi 10 ABK kapal KM Bintang Jaya VI (Kapal ikan) korban kapal yang terbakar berlokasi sekitar 51 Mil dari perairan Desa Patas, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng-Bali, Selasa (5/11) Malam.

Selain Basarnas, proses penjemputan juga melibatkan GM. Pelindo III Celukanbawang Rio Dwi Santoso, Kesehatan Pelabuhan Celukan Bawang Fajar Isnaeni, Anggota Pos AL Celukanbawang, Pol Air Polda Bali, Pol Air Polres Buleleng serta Babinsa Celukanbawang

Dari Kronologis kejadian, di ketahui
Senin tanggal 4 November sekira Pukul 17.00 WIB kapal KM Bintang Jaya VI (Kapal Ikan) yang di Nahkoda/Kapten Kapal (Hoksiu) dengan ABK 9 orang berangkat dalam keadaan kosong hanya berisi logistik persediaan selama di kapal dari Probolinggo-Jatim menuju Dobo-Maluku untuk mengangkut ikan yang akan dibawa kembali ke Probolinggo.


Perjalanan kapal terhenti Sekitar pukul 11.00 WIB Selasa (5/11) karena baling-baling kapal tersangkut tali, setelah tali diputus oleh salah satu ABK dan kapal akan kembali berlayar ternyata di ruang mesin kapal/Accu mengalami kebakaran dimana tindakan pemadaman dengan menggunakan 3 (tiga) alat tabung Apar.

"Upaya pemadaman tidak membuahkan hasil, justru Api semakin membesar dan tidak bisa dipadamkan sehingga saya dan ABK terjun ke laut untuk menyelamatkan diri dengan menggunakan pelampung" ujar Hoksiu.

Satu jam kemudian, Kapten Kapal dan ABK diselamatkan Kapal Cargo berbendera Hongkong rute China - Australia, selanjutnya mencari daratan terdekat yaitu wilayah Kabupaten Buleleng.

Setelah mendapat impormasi, sekira 51 Mil dari perairan Desa Patas, Gerokgak-Buleleng para korban kapal terbakar dijemput oleh Kapal Basarnas Kabupaten Buleleng dipimpin Ketut Adi Putra (Anggota Basarnas) kemudian dibawa ke Pelabuhan Celukan Bawang, lanjut para korban diperiksa kesehatannya di ruang kesehatan Pelabuhan Celukan Bawang.

Kemudian, para korban diserahkan kepada KSOP dan GM Pelindo III Celukanbawang untuk sementara ditampung di Pelindo Celukanbawang dalam rangka beristirahat sambil menunggu koordinasi untuk kembali ke Probolinggo.

Atas peristiwa ini, kerugian satu unit kapal ikan KM Bintang Jaya VI terbakar, Titik Lokasi (kapal) Masih Belum Jelas, kegiatan Pecarian lokasi Kapal KM Bintang Jaya VI akan dilanjutkan hari ini oleh Tim Sar Gabungan. (Agus)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.