Iklan

Redaksi
Jumat, 15 November 2019, November 15, 2019 WIB
Last Updated 2021-06-17T16:11:58Z
BeritaJatimJember

Festival Dunia Peternakan di Gelar Pemerintah Kabupaten Jember


Pedulirakyat News | Jember - Dengan menggelar Festival Dunia Pertenakan , adalah salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Jember terus mengembangkan usaha peternakan yang sebagian besar digeluti masyarakat .
Festival ini digelar di Lapangan Kecamatan Sukowono  , Kamis  14 November 2019 ini menampilkan beragam hasil dunia peternakan yang ada di Jember .
Banyak sisi menariknya pada gelaran festival ini , karena disini tidak hanya diikuti oleh peternak asal Jember . Peternak dari kabupaten lain ternyata tertarik untuk berkompetisi dalam kontes ternak seeks Karesidenan Besuki .
Tidak hanya kontes ternak saja , pada festival ini memberikan fasilitas gratis seperti pemberian vitamin dan pelayanan hewan on the spot . Ada pula karnaval ternak didalamnya . Iring-iringan hewan ternak ini ternyata juga menarik perhatian pengunjung yang memadati Lapangan Kecamatan Sukowono . Berbagai macam produksi industri peternakan juga dipamerkan dalam festival ini , yang membuat pengunjung kagum dengan keanekaragaman produk yang dihasilkan oleh dunia peternakan . 
“ Potensi Jember salah satunya dari dunia peternakan. Terbukti dengan populasi hewan ternak di Jember masuk kategori keempat terbanyak se-Jawa Timur , ” ungkap Bupati Jember dr. Faida, MMR., ketika membuka festival Dunia Pertenakan tersebut .
Bukan hanya peternak saja yang ikut andil dalam dalam festival ini . Ada juga penghobi hewan peliharaan lainnya yang mewarnai keriuhan dalam festival ini . Mereka memamerkan hewan kesayangannya masing-masing , seperti iguana , kucing dan kelinci . Tampilnya hewan peliharaan pada festival ini menjadi destinasi wisata edukasi bagi anak-anak dan kalangan remaja .
“ Di sini anak-anak bisa belajar merawat kelinci atau kucing , memberi susu atau makanan pada hewan , dan lain sebagainya , ” kata Bupati Faida .
Pemerintah Kabupaten Jember berharap , dari dunia pertenakan ini masyarakat bisa menikmati kesejahteraan . Termasuk meningkatnya gizi bagi anak-anak . Karena itu , festival ini juga dimeriahkan dengan gerakan makan telur dan minum susu . Para pelajar yang turut meramaikan acara ini diajak bernyanyi dan bergerak oleh Bupati Faida .
Keceriaan pun merebak di wajah para generasi penerus ini , ketika acara dilanjutkan dengan makan telur dan minum susu bersama . Pada kelompok peternak , juga terlihat para generasi muda . Hal ini membuat bupati mengungkapkan rasa senangnya pada acara tersebut .
Dari hasil limba pemenang kontes ternak ,  berat ternak yang ikut lomba meningkat dari tahun sebelumnya . Seluruh sentral peternakan di Jember ada pemenangnya . Di kesempatan itu juga Bupati Faida mengungkapkan dukungan keuangan bagi para peternak untuk pengembangan dunia peternakan tersebut .
Bupati Faida menjelaskan , dalam hal ini pemerintah bersinergi dengan perbankan untuk memberikan Kredit Usaha Rakyat .                                                    “ Ada puluhan peternak yang KUR-nya direalisasikan hari ini . Sebesar 25 juta rupiah per orang tanpa agunan , ” jelas Bupati Faida . (Nunung)