n Di Festival Kuliner Nusantara 2019 Stand Pameran DP3AKB Jember Raih Predikat Terbaik - Peduli Rakyat News

Di Festival Kuliner Nusantara 2019 Stand Pameran DP3AKB Jember Raih Predikat Terbaik


Pedulirakyat News | Jember - Dalam Festival Kuliner Asosiasi Pemerintah Kabupaten/Kota Seluruh Indonesia (APKASI) , stand pameran Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kabupaten Jember meraih predikat terbaik pertama .

Drs H. M. Farouq, M.Si. sebagai Kepala Dinas DP3AKB menjelaskan bahwa panitia memberikan penghargaan setelah menilai masakan kuliner yang disajikan dalam stand .

“ Yang dinilai adalah masakan kuliner , seni tari , dan musik hiburannya , " terang Farouq , Rabu, 13 November 2019 .

Pada Stand DP3AKB Jember menyajikan kuliner berbahan alami dengan mengusung tema coffee , chocolate , cigarette dan culture . Farouq merinci masakan yang disajikan dalam stand yang telah berhasil meraih minat pengunjung dan tim penilai itu .


Masakan itu diantaranya Pistol adalah masakan dari Pisang dan Kacang Tolo . Masakan ini sebagai pengganti nasi . Juga ada nasi Momo , bahannya terbuat dari daun singkong yang dioseng dengan kulit dari singkong .

Untuk sajian masakan lainnya yakni Pepes daun Pisang , Oseng-oseng Kulit Pisang dan Teri , Sate Daun Singkong , Lapis Batik (terbuat dari tepung beras), Puding Buah Pepaya, dan Agar-agar Kopi Robusta .

Dalam kesempatan itu , Farouq mengakui , stand DP3AKB lebih bagus karena menampilkan para pesohor Jember Fashion Carnaval (JFC), Genre, dan Egrang Ledokombo .

Di stand DP3AKB juga menjadi meriah dengan tampilannya produk-produk makanan dan jajanan untuk oleh-oleh . Ada juga produk kerajinan tampil di sini .

“ Makanannya banyak variasinya . Jajanannya juga banyak variasinya . Kami juga sajikan mainan tradisional anak-anak , ” ungkap Farouq.

Pada pameran itu , lanjut Farouq , ada sekitar delapan makanan yang diusung . Jajanannya yaitu Tape , Suwar-suwir , kopi , coklat , edamame , terasi , cerutu , kecap berbahan jamur , Kerajinan yang dipamerkan yaitu mainan tradisional anak-anak , batik , oblang .

Dalam penyerahan penghargaan itu berlangsung saat penutupan APKASI Festival Kuliner Nusantara 2019 di PG. De Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah .

Faruoq berharap bisa kembali mengikuti pameran dan kembali meraih prestasi . “Jika ada pameran lagi , kami akan mengangat UPPKS , Genre dan pemberdayaan perampuan , ” pungkasnya . (Nunung)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.