n BAPPEDA LITBANG GELAR DISEMINASI SDG'S KOTA PROBOLINGGO - Peduli Rakyat News

BAPPEDA LITBANG GELAR DISEMINASI SDG'S KOTA PROBOLINGGO


Peduli Rakyat News,Probolinggo
Bappeda Litbang Kota Probolinggo, Senin (4/11) pagi, menggelar acara Diseminasi SDG’s Kota Probolinggo, bertempat di Orin Hall and Resto lantai 2.

Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se-Kota Probolinggo, lembaga vertikal pemerintah, parlemen, akademisi, pakar, Ormas, media, filantropi dan pelaku usaha.

Rey Suwigtyo, Kepala Bappeda Litbang Kota Probolinggo dalam sambutannya mengatakan bahwa dalam pelaksanaan SDG’s ini diharapkan semua unsur harus berperan serta. Bukan hanya peran dari pemerintah pusat dan daerah saja yang melakukan kerjasama akan tetapi peran dari masyarakat, pelaku bisnis, filantropi serta akademisi harus juga ikut berkolaborasi.

“Pemerintah telah melakukan berbagai persiapan untuk implementasi SDG’s dengan menerbitkan regulasi melalui Peraturan Presiden Nomor 59 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan,“ ujarnya.

Dihadirkan 2 orang narasumber dalam kegiatan ini. Narasumber pertama dari Tim SDG’s Center Universitas Jember yang memaparkan materi berkaitan dengan aspek-aspek penting SDG’s, 17 tujuan dan 4 pilar SDG’s yang sudah dicapai Kota Probolinggo. Sedangkan narasumber kedua berasal dari Bappeda Provinsi Jawa Timur, yang memaparkan materi berkaitan dengan matrik SDG’s yang sudah baku, yang harus diisi oleh OPD, dimana didalamnya juga berisi capaian anggaran dari masing-masing indikator tujuan.

Di akhir materi, Tim SDG’s Center Universitas Jember memaparkan capaian yang masih kurang, untuk segera diperbaiki semaksimal mungkin. (Saiful)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.